Jum'at, 19 April 2019
Follow:
Home
Waduh, 86 Hotspot Kepung Riau Hari Ini
Selasa, 19/03/2019 - 15:35:48 WIB
 
 

PEKANBARU - Masyarakat Riau mulai merasakan panas luar biasa dan jika pagi kabut menutup udara. Demikian juga dengan Pekanbaru. Rupanya jumlah hotspot atau titik panas terus berrtambah. Hari ini, Selasa (19/3) ada 86 hotspot mengepung Riau, tersebar di berbagai daerah.

Dari 86 titik panas tersebut, terbanyak terdeteksi di Rokan Hilir sekitar 23 titik. Kemudian Bengkalis dan Dumai 22 titik. Kepulauan Meranti terdapat 7 titik, Indragiri Hulu 4 titik. Kemudian Pelalawan dan Indragiri Hilir masing-masing 3 titik serta Siak 2 titik.
 
Namun dari 86 titik hotspot itu yang dipastikan level confidence di atas 70 persen (fire spot) hanya ada 6 titik. Yakni Rokan Hilir 19 titik, Bengkalis 17 titik, Dumai 18 titik, Indragiri Hulu titik 4, Kepulauan Meranti titik 4, Indragiri Hilir dan Pelalawan 2 titik.
 
Tim Satuan Tugas (Satgas) Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) melalui Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edward Sanger mengatakan, hari ini Tim berupaya melakukan Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) atau pun hujan buatan.
 
"Kita upayakan hari ini melakukan TMC. Nanti tim Satgas udara akan mengecek mana awan berpotensi  hujan. Ini tentunya salah satu cara agar titik api bisa diminimalisir, selain melalui pemadaman melalui jalur darat," kata Sanger, Selasa (19/3/19).
 
Selain itu, tim Satgas udara juga tetap mengoptimalkan pemadaman Karhutla melalui water bombing di daerah-daerah yang banyak terdapat titik api. Dua helikopter bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup (KLHK) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB) yakni jenis bell 412 dan Kamov akan menjadi tumpuan, ditambah lagi dengan dua heli batuan dari Sinarmas Forestry.
 
Personil gabungan baik TNI, Polri, BPBD provinsi dan kabupaten kota terkait, manggala agni juga terus berupaya melakukan penanggulangan Karhutla.***/mcr

 
Berita Terbaru >>
Menikmati Wisata Perut Bumi di Labuan Bajo
Sempena Hardiknas, Disdikbud Dumai Gelar Lomba Lagu Melayu dan Melukis
Bertuah Akshara Symphony, Wadah Berhimpun Generasi Muda Pencinta Marching Band
Hypatia, Perempuan Cerdas yang Dibunuh Karena Melakukan Penelitian

Sejarah untuk Riau, KLHK Beri Hutan Pendidikan untuk Unilak
Truk ODOL Sebabkan Jalan di Riau Banyak Rusak
Berkeliaran di Bawah Jembatan Siak II, Seekor Buaya Berhasil Dievakuasi
Terlibat Korupsi, 19 ASN Kabupaten Kampar Dipecat Selama Tahun 2018
Penyanyi dan Musisi Mus Mulyadi Tutup Usia
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com