Selasa, 25 Februari 2020
Follow:
Home
Ditentang Rusia dan Korut, PBB Tetap Kucurkan Dana Investigasi Suriah
Sabtu, 28/12/2019 - 13:24:09 WIB
 
 

SURIAH - Sidang Umum PBB pada Jumat (27/12/2019) kemaren menetapkan anggaran operasional senilai US$3,07 juta, dan untuk kali pertama mengalokasikan dana untuk menyelidiki kejahatan perang di Suriah dan Myanmar dan keputusan ini mendapat tentangan dari Rusia dan Korea Utara.

Anggaran operasional PBB ini naik dari periode 2019 senilai US$2,9 juta, dengan peningkatan dikarenakan misi tambahan di pos sekretariat PBB, inflasi, serta penyesuaian nilai tukar, demikian menurut para wakil negara di PBB.

Di dalam rincian anggaran juga terdapat misi pengawasan di Yaman, misi politik di Haiti, investigasi kejahatan dan perang sipil yang berlangsung sejak 2011 di Suriah, serta investigasi pada kekerasan etnis minoritas Rohingya di Myanmar.

Sebelumnya dana untuk penyelidikan di Suriah dan Myanmar berasal dari sumbangan negara-negara, tapi pada 2020 akan dimasukkan pada anggaran sekretariat PBB dan juga akan mendapat tambahan dari kontribusi sukarela 193 anggota PBB.

Pada saat bernegosiasi, Rusia mengusulkan beberapa perubahan baik di sesi Sidang Umum maupun sesi Pertanyaan untuk Komite Anggaran. Namun saat voting berlangsung, baik Rusia, Suriah, Myanmar, dan pendukung mereka yaitu Korea Utara, Iran, Nikaragua, dan Venezuela, kalah suara.

Rusia menyatakan keputusan untuk memasukkan dana investigasi ini membuat mereka akan mengkaji ulang kewajiban pembayaran. Mereka juga memprediksi PBB akan mendapatkan masalah karena negara-negara tidak memenuhi kewajiban pembayaran mereka.

Pemerintah Rusia berpendapat bahwa mekanisme penyelidikan itu tidak legal, sementara pemerintah Suriah menyatakan bahwa penyelidikan itu tidak mendapatkan mandat dari Dewan Keamanan.

Anggaran operasional PBB sendiri terpisah dari anggaran tahunan untuk misi perdamaian senilai US$6 juta yang ditetapkan pada Juni lalu.***/CNN

 
Berita Terbaru >>
Pengurus JMSI Riau Galang Dana untuk Bantu Pengobatan Anak Wartawan
Terharu Dibezuk HT, Sarah Calon Hafizoh Doakan HT Jadi Bupati Pelalawan
Warga Dua Desa di Teluk Meranti Satu Suara Menangkan HT
Kenang Jasa-jasa Kadispar Riau, Tiga Ruangan Pertemuan Bertukar Nama
Sebelum Menaiki Pesawat, Presiden Jokowi Berpesan Dashboard Lancang Kuning Bagus Sekali
Kapolda Riau Lepas Peserta Lomba lari Fun Run di Kota Dumai
HT Minta Tidak Ada Pihak yang Intimidasi Warga dan Tim
Diduga Camat Kongkalikong, Honor RT/RW 2 Bulan Tak Dibayar
Terus Mengembangkan Sayap, 10 Wartawati Nyatakan Gabung di FJPI
Bersama Warga dan Partai Gerindra Husni Tamrin Perbaiki Jalan Desa
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com