Selasa, 31 Maret 2020
Follow:
Home
Wabah Corona, Pemerintah Batalkan Pelaksanaan UN 2020
Selasa, 24/03/2020 - 14:05:16 WIB
  Mendikbud Nadiem Makarim
 

JAKARTA - Pemerintah memutuskan untuk membatalkan pelaksanaan Ujian Nasional (UN) 2020 setelah melalui berbagai pertimbangan, khususnya terkait wabah COVID-19.

“Setelah kami pertimbangkan dan diskusi dengan Presiden dan instansi di luar, kami putuskan membatalkan Ujian Nasional 2020,” kata Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim, setelah rapat melalui Video Conference yang dipimpin Presiden Joko Widodo dengan topik Kebijakan UN Tahun 2020 di Jakarta, Selasa (24/3/2020).

Alasan pembatalan tersebut yang pertama atas prinsip dasar Kemendikbud yakni keamanan dan kesehatan siswa-siswa. Mendikbud mengatakan, keamanan keluarga siswa-siswi jika UN tetap dilaksanakan di dalam tempat-tempat pengujian bisa menimbulkan risiko kesehatan.

“Bukan hanya untuk siswa-siswa tapi juga keluarga dan kakek nenek karena jumlah sangat besar delapan juta yang tadinya dites UN,” kata Nadiem.

Oleh karena itu, ia menegaskan tidak ada yang lebih penting daripada keamanan dan kesehatan siswa dan keluarga sehingga UN dibatalkan untuk 2020.

“Kita juga sudah tahu UN bukan untuk syarat kelulusan atau syarat seleksi masuk jenjang pendidikan tinggi, saya rasa di Kemendikbud, lebih banyak risikonya daripada benefit untuk lanjutkan UN,” katanya.

Hal itu berarti ujian sekolah masih bisa dilakukan oleh masing-masing sekolah tapi tidak diperkenankan untuk melakukan tes tatap muka yang mengumpulkan siswa di kelas.

“Ujian sekolah bisa diadministrasi lewat banyak opsi misalnya online atau angka 5 semester lain itu ditentukan masing-masing sekolah dan ujian sekolah tidak kami paksa untuk mengukur seluruh capaian kurikulum, banyak sekolah online tapi belum optimal tapi tidak kami paksa untuk mengukur capaian yang terdistrupsi oleh COVID-19,” katanya.**/Antara

 
Berita Terbaru >>
3.802 Personel Dan 218 Unit Kendaraan Penyemprot Diterjunkan Serentak di Riau
Husni Tamrin Pasang Alat Cuci Tangan di Pangkalan Kerinci
Hadis Menerangkan Meninggal Karena Wabah Termasuk Syahid
Ilmuwan Perkirakan Corona Bisa Renggut 200 Ribu Nyawa di AS
Husni Tamrin : Covid 19 Tanggungjawab Kita Bersama
Cegah Covid-19 Pemko Pekanbaru akan Tutup Pasar Kaget
Pasien Corona Bertambah Menjadi 1.285, Meninggal 114
Sejak Kemaren 12 Jalan di Kota Medan Ditutup
Cegah Corona Mulai 1 April Operasional Bandara Soetta Dibatasi
Kendaraan Masuk Kabupaten Agam Jalani Pemeriksaan
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com