Kamis, 28 Maret 2024
Home

Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda Tentang Pertangungjawaban APBD TA 2019







Senin, 20/Juli/2020 | 11:53
Paripurna Pandangan Umum Fraksi Terhadap Ranperda Tentang Pertangungjawaban APBD TA 2019

PEKANBARU- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menggelar Rapat Paripurna ke-V masa sidang III, Senin (20/7).

Paripurna itu dalam rangka menyampaikan Pandangan Umum Frkasi DPRD Kota Pekanbaru Terhadap Rencana Peraturan Daerah (Ranperda) Kota Pekanbaru tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Kota Pekanbaru Tahun Anggaran 2019.

Rapat itu dihadiri oleh Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani, Wakil Ketua DPRD Kota Pekanbaru Ginda Burnama, Tengku Azwendi Fajri, Nofrizal, beberapa fraksi DPRD Kota Pekanbaru.
Dari lembaga eksekutif dihadiri oleh Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi beserta staf, para Camat dilingkungan Kota Pekanbaru.

Mayoritas fraksi mengkritisi tentang serapan anggaran dalam APBD Kota Pekanbaru tahun 2019. Ada juga yang memberikan masukan dan saran terhadap kinerja Pemko Pekanbaru.
Anggota legislatif pun turut mengapresiasi tentang Opini Wajar tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) untuk Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) tahun 2019.
Ketua DPRD Kota Pekanbaru Hamdani, usai paripurna menyatakan bahwa memang serapan anggaran tahun 2019 belum maksimal.

"Serapan anggaran untuk tahun 2019 ada yang masih di bawah 80 persen serapan anggarannya," kata Hamdani.
Ada juga catatan penerimaan pendapatan daerah yang disorot yang menjadi acuan catatan kinerja Pemko Pekanbaru.  "Catatan ini kita harapkan, Pemko Pekanbaru segera beri jawaban yang realistis. Kita dorong nanti dengan jawbaan itu, agar tahun 2020 tidak terulang lagi," singkatnya.

Sementara itu, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi yang mendengar langsung pandangan umum Fraksi-fraksi itu menegaskan Pemko Pekanbaru akan menyiapkan jawaban secara detil.
"Inikan setelah kita (Pemko, red) mendapatkan LHP atau laporan hasil pemeriksaan dari BPK dan alhamdulillah Pekanbaru mendapat penilaian WTP untuk 2019," kata Ayat.

Dari semua Fraksi di DPRD Kota Pekanbaru sudah menyampaikan pandangan umumnya, secara garis besar hampir semua menyorot soal pendapatan yang ditargetkan tidak tercapai.
"Jawaban kami (Pemko, red) secara rinci besok (Selasa 21/7)," sebut Ayat.

Selain itu juga, Ayat mengatakan, dari pandangan fraksi itu adalah layanan kepada masyarakat, seperti bidang pendidikan, kesehatan, pelayanan administrasi kependudukan.

"Dan juga ada beberapa program-program yang menjadi fokus kita juga dipertanyakan, misalnya PMBRW, serta tentang perusahaan daerah (PD) kita. Semuanya akan kita jawab saat paripurna jawaban Pemko," paparnya lagi. (Adv) 











     












Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com