Kamis, 13 08 2020
Follow:
Home
Guru Sukabumi Gelar Deklarasi Anti Kekerasan
Sabtu, 23/05/2015 - 13:31:29 WIB
  Ilustrasi : Poster Anti Kekerasan
 

SUKABUMI (klikriau.com) - Menyusul terjadinya aksi kekerasan dan pemerasan di lingkungan dunia pendidikan, para guru di Kabupaten Sukabumi menggelar deklarasi, Jumat (22/5/2015).

Deklarasi anti kekerasan dan pemerasan itu digelar di Kantor Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Sukabumi, Jalan Sukabumi-Palabuhanratu, Kecamatan Cikembar.

"Deklarasi ini digelar atas keprihatinan dengan banyaknya kasus kekerasan dan pemerasan kepada para guru selama ini," kata Kepala Disdik Kabupaten Sukabumi, Maman Abdurahman kepada wartawan usai deklarasi, Jumat (22/5/2015).

Menurut dia melalui deklarasi ini pihaknya ingin mengajak seluruh elemen masyarakat untuk selalu menjaga keamanan, kenyamanan dan ketentraman dalam dunia pendidikan.

"Saat ini dunia pendidikan di Kabupaten Sukabumi sedang berduka karena banyaknya kasus kekerasan baik terhadap guru maupun pelajar," ujar Maman yang sempat menjabat Sekretaris Disdik.

Bahkan, lanjut Maman, belum lama ini seorang guru kelas VI SD Negeri 5 Cibadak menjadi korban pembunuhan. Tersangka perkara pembunuhan sudah ditangkap dan diproses di Polres Sukabumi.

"Belum lagi kasus pelajar tawuran, dan tidak sedikit pelajar yang jadi korban. Yang mencengangkan ada juga pelajar wanita menjadi korban pelecehan seksual dan anak di bawah umur menjadi korban kekerasan dalam rumah tangga (KDRT)," ujar dia.

Pada kesempatan itu Maman mengungkapkan bila selama ini banyak guru yang resah. Hal ini akibat banyaknya dugaan pemerasan atas nama lembaga, organisasi dan lainnya yang mendatangi ke sekolah-sekolah.

"Sehingga proses kegiatan belajar mengajar terganggu, akibat oknum-oknum yang meminta uang dengan berbagai dalih. Sepertinya dunia pendidikan ini dijadikan seperti bank atau anjungan tunai mandiri (ATM) oleh oknum-oknum," ungkapnya dilansir inilahcom.

Untuk itu, Maman mengajak seluruh aparat penegak hukum, profesi wartawan dan organisasi masyarakat untuk bersama-sama melawan segala bentuk kekerasan dan pemerasan terhadap dunia pendidikan di Kabupaten Sukabumi.*klik

 
Berita Terbaru >>
Tanpa Bayaran, Komunitas Siap 86 Siap Menangkan HT
Kuasa Hukum Ungkap Kejahatan Lain
Komunitas Siap 86 'Berburu Kupon' Untuk Dhuafa dan Anak Yatim
Pengurus Masjid Al Mukminin Siapkan Kerangkeng Penumbangan Sapi
Fatahillah: Semua Stake Holder Harus Berkolaborasi Cegah Dampak Negatif Gawai Terhadap Anak
Ketua MPR Dorong Stimulus Industri Pers Segera Dieksekusi
Doni Monardo: Perkantoran Harus Taati Pembagian Kerja 2 Shift
Atasi Krisis Ganda Asap dan Covid-19 Karhutla Harus Dicegah
Idul Adha 1441 H, Penyembelihan Hewan Qurban di DPRD Riau Meningkat
PDI Perjuangan Diminta Hati-hati Tetapkan Cakada di Daerah
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com