Jum'at, 18 Juni 2021
Follow:
Home
Paper Machine 3 RAPP Gunakan Teknologi Ramah Lingkungan
Selasa, 02/06/2015 - 17:08:44 WIB
  Menteri Perindustrian didampingi Kepala BPPI dan Member of Board Trustee Tanoto Foundation Anderson Tanoto mendengarkan penjelasan dari Operasional Manager RAPP, Edward Ginting  
PANGKALAN KERINCI - Kertas menjadi salah satu benda yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat dewasa ini sejak berabad lalu. Meski ada istilah paperless, namun nyatanya manusia masih membutuhkan kertas untuk mendukung aktifitas mereka sehari-hari.

Kertas yang diciptakan pun bermacam-macam kualitasnya tergantung dari bahan baku, dan bagaimana mereka memproses bahan baku menjadi kertas. Termasuk pada alat untuk mencetak kertas atau yang dikenal dengan nama paper machine (PM).

Tidak semua teknologi paper machine  yang berkembang merupakan teknologi yang ramah lingkungan dan menghasilkan limbah yang dapat didaur ulang. Salah satu teknologi paper machine yang ramah lingkungan yakni seperti teknologi paper machine 3 atau mesin kertas yang digunakan oleh Grup APRIL dan baru saja diresmikan Menteri Perindustrian Republik Indonesia.

Paper machine 3 yang sedang dibangun di atas lahan seluas hampir 5 hektar (ha) di dalam Kawasan Pabrik PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) Pangkalan Kerinci ini merupakan teknologi yang ramah lingkungan karena bisa menghemat penggunaan energi dalam produksinya.

"Pembangunan pabrik baru ini menerapkan konsep yang ramah lingkungan dan terbarukan dengan OptiConcept M dimana  bangunan pabrik di desain  lebih ramping dari pabrik kertas pada umumnya, peralatan yang dipakai  dapat menghemat energi sebesar 400 Kw per ton paper. Atau setara dengan penghematan Batubara sebesar 71 000 ton per tahun," kata Deputi Direktur Operasional RAPP, Mhd. Ali Shabri.

Salah satu perusahaan pulp dan kertas terbesar di Asia ini pun sebelumnya telah mengoperasikan Paper Machine 1  dan 2, sejak tahun 1998 di area mill site RAPP. Dengan melakukan investasi sebesar Rp 4 triliun, RAPP pun akan meningkatkan kapasitas produksi dari 820.000 ton menjadi 1.150.000 ton per tahun yang ditujukan untuk pasar ekspor menggunakan paper machine 3.

Hasil Produk dari paper machine ini adalah Kertas High Grade Digital Paper yang dihasilkan dari Teknologi Hi-Digi yang dipakai sehingga kualitas kertas menjadi sangat sempurna dengan warna yang merata. Paper machine 3 mampu memproduksi kertas dengan kecepatan 1,4 kilometer per menit atau 1.400 meter per menit.

Grup APRIL saat ini mengekspor sekitar 85 persen produk kertas, termasuk merek andalan PaperOneTM ke 75 negara, dan menargetkan meningkatkan pasar ekspor ke 85 negara pada tahun 2016 dengan nilai ekspor Rp 30 triliun per tahun. Grup APRIL menawarkan produk kertas berkualitas premium yang terbuat dari 100 persen dari Hutan Tanaman Industri (HTI) dan dirancang sesuai tuntutan tinggi kebutuhan penyalinan dan percetakan. Seluruh produk PaperOneTM menyatu dengan Nanoteknologi ProDigiTM yang revolusioner untuk kinerja terbaik dalam teknologi percetakan digital.*klik-relis

 
Berita Terbaru >>
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
Elektabilitas AHY dan Demokrat Naik Urutan Kedua
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com