PELALAWAN (klikriau.com) - Keberadaan koperasi menjadi salah satu aspek penting yang bermanfaat bagi seorang karyawan. Sebab, karyawan memiliki tabungan dan bisa menjadi solusi ketika memiliki kebutuhan mendadak.

<">
Jum'at, 18 Juni 2021
Follow:
Home
Kopkar RAPP Siap Kembangkan UKM Pelalawan
Senin, 29/02/2016 - 17:37:07 WIB
  Ist
 
PELALAWAN (klikriau.com) - Keberadaan koperasi menjadi salah satu aspek penting yang bermanfaat bagi seorang karyawan. Sebab, karyawan memiliki tabungan dan bisa menjadi solusi ketika memiliki kebutuhan mendadak.

Kepala Bidang Pelatihan Penyuluhan dan Promosi (P3) Dinas koperasi dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Pelalawan, Mahdaletta, dalam kegiatan Rapat Anggota Tahunan (RAT) Koperasi Karyawan (Kopkar) PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), di Hotel Unigraha, Kompleks RAPP, Pangkalan Kerinci.

Mahdaletta menilai keberadaan Kopkar RAPP membantu pemerintah untuk mengembangkan usaha mikro di Kabupaten Pelalawan. "Keberadaan koperasi ini sangat penting sekali karena bisa membantu anggota koperasi. Simpanan dari karyawan dan untuk karyawan. Jadi jika ada keperluan mendesak atau mendadak tidak ada uang, kita bisa meminjam dari koperasi," ujar Mahdaletta.

Ditambahkan Mahdaletta, dia mengapresiasi kerja keras Kopkar RAPP untuk terus membantu karyawan menyiapkan berbagai tabungan bagi mereka sebagai simpanan yang bisa digunakan sewaktu-waktu.

"Terima kasih kepada RAPP untuk mendukung adanya koperasi karyawan. Semua karyawan bisa sejahtera dengan angka simpanan yang tidak terlalu besar. Kami dari Dinas Koperasi dan UMKM mendukung agar Kopkar dikembangkan menjadi lebih baik," kata Mahdaletta.

Kegiatan RAT Tahun Buku 2015 ini dihadiri puluhan karyawan dari berbagai departemen RAPP yang berkumpul mewakili rekan kerja mereka masing-masing. Selain menyusun dan mengesahkan program baru untuk tahun 2016, pengurus Tahun Buku 2015 juga melaporkan kegiatan selama satu tahun ke belakang.

"Program baru pada tahun ini yang akan kita laksanakan diantaranya simpanan berbasis pinjaman dan akan bersinergi dengan departemen Community Development (CD) untuk mengembangkan usaha mikro kecil menengah dari mitra bina perusahaan," ungkap Ketua Kopkar RAPP, Marzum.

Marzum menjelaskan, simpanan berbasis pinjaman ini merupakan program yang membantu anggota memiliki simpanan lainnya selain iuran wajib. "Setiap kali meminjam, dia harus menyetor juga untuk simpanan mereka. Jadi mereka tidak hanya meminjam, tetapi juga menyimpan yang bisa saja dikumpulkan untuk membayar pinjaman mereka," jelas Marzum.

Disampaikan Marzum, tahun ini Kopkar RAPP juga memiliki target menaikkan angka Sisa Hasil Usaha (SHU) yang juga menjadi salah satu pemasukan bagi karyawan RAPP sebagai anggota koperasi. "Pencapaian SHU tahun 2015 mencapai 27%. Tahun ini akan terus kita tingkatkan," ucap Marzum.

Direktur Operasional RAPP, Mhd Ali Shabri, mengatakan perusahaan mendukung program baru yang dijalankan di tahun 2016. Target baru untuk SHU juga dinilai bisa mengembangkan Kopkar sebagai salah satu harapan karyawan yang ingin membangun usaha.

"Kami juga mendukung program pembinaan mitra CD melalui koperasi. Ini sangat bagus sekali. Mitra secara administratif akan merasa terbantu. Saya mengapresiasi kopkar yang mampu membuat sistem akutansi koperask berjalan. Semoga ke depan akan semakin banyak program untuk pengentasan kemiskinan dalam ruang lingkup operasional RAPP," pungkas Ali.*Klik-R4

 
Berita Terbaru >>
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
Elektabilitas AHY dan Demokrat Naik Urutan Kedua
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com