Minggu, 20 Juni 2021
Follow:
Home
Karhutla Meluas, Dua Heli Dikerahkan Padamkan Api di Pelalawan
Kamis, 09/06/2016 - 18:40:09 WIB
 
 
PEKANBARU - Mamasuki musim kemarau, kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau kembali terjadi. Di Desa Pangkalan Terap, Kecamatan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan, kebakaran meluas dan tidak terkendali.

Hal ini membuat Satgas Karhutla Riau di Lanud Roesmin Nurjadin mengerahkan dua helikopter untuk melakukan pengeboman air. Petugas tengah bekerja keras supaya kebakaran tidak meluas ke lahan lainnya.

"Dua helikopter yang diturunkan adalah  MI-8. Keduanya melakukan operasi pengeboman air setelah ditemukan titik api di wilayah tersebut pada Kamis siang," kata Kepala Dinas Operasi Lanud Roesmin Nurjadin Kolonel Pnb Yani Amirullah, Kamis (9/6/2016) petang.

Kolonel Yani menyebutkan, kebakaran di desa tersebut terus meluas sejak pihaknya menerima laporan adanya titik api. Sejauh ini, sudah ada 15 hektar lahan yang dilalap api.

Dia menyebutkan, area yang terbakar merupakan lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar. Di sana, petugas gabungan TNI, Polri, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah tengah berusaha memadamkan api.

"Namun petugas kewalahan karena cuaca yang cukup terik sehingga harus dibantu melalui jalur udara," katanya.

Sebelumnya, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Stasiun Pekanbaru menyebut terjadi lonjakan titik panas dalam dua hari terakhir. Sejauh ini, satelit mendeteksi 34 titik panas yang menyebar di tujuh Kabupaten di Provinsi Riau.

Titik panas terpantau di Pelalawan 12 titik, Indragiri Hilir dan Siak masing-masing 6 titik. Selanjutnya titik panas lainnya menyebar di Kampar 3 titik, Bengkalis, Indragiri Hulu dan Meranti masing-masing 2 titik.

Menurut laporan BMKG, munculnya titik panas karena temperatur di Riau cukup panas yag berkisar antara 33-35,5 C. Meskipun panas, BMKG menyatakan secara umum cuaca di wilayah Riau masih berpotensi hujan ringan hingga sedang dan tidak merata.

Sementara itu, Komandan Resor Militer 031/WB Brigjen TNI Nurendi yang juga menjabat sebagai Komandan Satgas Karhutla menyatakan, Pemerintah Provinsi Riau memperpanjang status siaga darurat Karhutla hingga 30 November 2016 mendatang.

Ia menjelaskan, perpanjangan status siaga selama lima bulan bukan berarti pihaknya tidak mampu menangani bencana kebakaran, melainkan meningkatkan upaya prefentif yang telah dilakukan sejak awal 2016 lalu.**ton

 
Berita Terbaru >>
Support Atlet SOIna ke Rusia, Gubernur Riau Ikut Main Floorball
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com