Jum'at, 10 Juli 2020
Follow:
Home
Agar Tetap Produktif Saat Puasa, Jangan Lupa Tidur Siang 30 Menit
Sabtu, 11/06/2016 - 22:47:06 WIB
  Tidur siang di dalam Mesjid saat puasa kerap dilakukan. Foto internet
 

JAKARTA - Manfaat tidur siang atau power nap terhadap produktivitas dan kreativitas sudah dibuktikan berbagai penelitian. Lalu saat bulan puasa, apakah jam tidur siang harus ditambah?

dr Andreas Prasadja, RPSGT dari RS Mitra Kemayoran mengatakan tidur merupakan elemen penting bagi kelancaran puasa. Jika kurang tidur, seseorang akan sangat mungkin merasa lemas dan mengantuk, dan berujung pada menurunnya produktivitas.

"Karena jam tidur kan sudah terpotong waktu sahur. Makanya diperlukan tambahan tidur. Tidur siang bisa jadi solusinya," tutur pria yang akrab disapa dr Ade ini.

Dijelaskan dr Ade, tidur siang di bulan puasa maupun di hari biasa sama saja, tetap 30 menit. Namun pada ibu rumah tangga atau anak sekolah, waktu tidur siang bisa ditambah sesuai dengan kebutuhan.

"Karena ibu rumah tangga kan harus bangun lebih awal ya untuk masak sahur makanya waktu tidurnya yang terpotong lebih besar. Anak-anak secara umum memang memiliki kebutuhan tidur yang lebih lama, tapi juga bisa untuk menghemat energi mereka agar tahan puasa sampai maghrib," urainya.

Sementara untuk pekerja kantoran, waktu tidur siang memang tergantung pekerjaan dan kondisi kantor masing-masing. Jika memang memungkinkan untuk tidur siang selama 30 menit, menurut dr Ade hal ini sudah sangat bangus.

"Tapi pun kalau nggak bisa ya 10-15 menit juga nggak apa-apa. Lalu maksimalkan juga tidur di perjalanan misalnya yang naik kereta bisa tidur di jalan, sehabis subuh juga bisa tidur, asal jangan saat mengemudi ya," tuturnya.**/detik.com

 
Berita Terbaru >>
Oknum Polisi Dilaporkan ke Propam Polda Riau
IKTS Pekanbaru Kembali Salurkan Bantuan Covid 19
Lomba Baca Puisi JMSI Raih Rekor MURI
Anies Baswedan: Ekosistem Pers Harus Dijaga Agar Tetap Sehat
Tindaklanjuti Instruksi Presiden, Polda Riau Gelar Rapat Koordinator Kesiapan Karhutla 2020
Musnahkan Puluhan Kilogram Narkoba, Kapolda Riau: Siap Perang dan Serang Duluan
Wali Kota Paparkan Prestasi Dan Pekanbaru Kedepan
Dheni: Kita Jadikan Munas Terbaik
FJPI Riau Bagi Selimut dan Masker untuk Manula di Panti Jompo Tresna Werdha
Pasangan Kasmarni-Bagus Dipastikan Melenggang ke Pilkada Bengkalis
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com