Jum'at, 18 Juni 2021
Follow:
Home
Presentasi Klinik Sampah Bawa Siswa Pelalawan ke Jakarta
Senin, 29/08/2016 - 18:03:51 WIB
  M Abdul Raziq berfoto dengan wali kelasnya, Oktavinna Lingga di SMP Global Andalan
 
PANGKALAN KERINCI -  Pengelolaan sampah yang masih minim di Provinsi Riau membuat siswa kelas 9C SMP Global Andalan Pangkalan Kerinci, Muhammad Abdul Raziq (14), memilih presentasi tentang klinik sampah.

Presentasi ini dalam acara Kuis Kita Harus Belajar (Ki Hajar) yang diadakan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pada 26 hingga 28 Agustus 2016 di Hotel Furaya, Pekanbaru. Presentasi tersebut berhasil mengantarkan Raziq, sapaan akrabnya mewakili Riau di Jakarta, November mendatang.

"Ide itu muncul karena melihat pengelolaan sampah di Riau, seperti Pekanbaru belum maksimal. Karena itu saya memilih klinik sampah agar sampah tersebut bisa dipilah, mana yang bisa didaur ulang dan dibuat kompos. Selain itu, saya harus menjawab pengisian kuis secara online dari lima mata pelajaran seperti Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, IPA dan IPS," jelasnya, Senin (29/8).

Siswa sekolah yang berlokasi di Komplek PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) ini mengaku senang karena menyisihkan puluhan peserta lain yang menurutnya sangat bagus.  Sebab, ia tidak punya banyak waktu untuk mempersiapkan diri dalam mengikuti kuis ini.

"Kuis ini awalnya saya ikuti tingkat kabupaten Pelalawan, lalu saya lulus tingkat Kabupaten dan mewakili Pelalawan di tingkat Provinsi Riau. Persiapan yang saya lakukan seadanya karena lomba ini diberi tahu mendadak, sekitar empat hari saja," ucapnya.

Untuk mempersiapkan diri pada November mendatang, Raziq mengatakan akan lebih giat belajar, khususnya materi kelas 7 karena pada kuis-kuis sebelumnya banyak materi banyak berasal dari sana.

Staff guru bagian kesiswaan, Tiouli mengaku bangga dengan prestasi yang diraih oleh anak didiknya. Bagaimana tidak, pretasi tersebut tidak mudah diraih oleh banyak siswa, apalagi dengan persiapan yang minim.

"Kami bangga dengan prestasi Raziq. Ia berhasil membanggakan orangtua, sekolah dan Kabupaten karena berhasil mewakili Riau di Jakarta tiga bulan lagi. Kami akan mendukungnya dan melatih dia agar dapat memberikan yang terbaik untuk Riau," katanya.

Kuis Ki Hajar merupakan kompetisi tanya jawab soal yang mengandalkan kemampuan siswa dan siswa untuk menjawab soal-soal berbagai mata pelajaran. Kuis ini diikuti oleh siswa dari tingkat SD, SMP, dan SMA secara online sejak 2005.**/rilis   


 
Berita Terbaru >>
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
Elektabilitas AHY dan Demokrat Naik Urutan Kedua
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com