Selasa, 21 09 2021
Follow:
Home
Ulu Kasok, Raja Ampatnya Sumatera Terletak di Kabupaten Kampar
Selasa, 04/07/2017 - 08:35:00 WIB
  Ulu Kasok
 
KEINDAHAN alam Ulu Kasok, Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar, Kabupaten Kampar, mempesona ribuan orang yang datang, saat libur lebaran, tentu saja mereka ingin menikmati keindahan alam dari puncak bukit Ulu Kasok dan keindahan alam Danau PLTA Koto Panjang.

Bahkan banyak yang menyebut tempat ini sebagai Raja Ampat-nya Sumatera karena dari puncak bukit kita bisa melihat gugusan pulau-pulau yang indah di dalam Danau PLTA Koto Panjang.

Pulau-pulau ini adalah bukit-bukit yang tidak ikut terendam oleh genangan air bendungan PLTA Koto Panjang. Pulau-pulau itu masih ditumbuhi pepohonan yang rindang dan sebagian pohon karet bekas kebun masyarakat sebelum adanya genangan PLTA Koto Panjang.

Salah seorang tokoh pemuda dari Kecamatan Bangkinang Nurman Saidi mengaku baru kali ini menginjakkan kaki di puncak bukit Ulu Kasok. Ia mengaku sangat kaget ternyata dari puncak bukit di pinggir jalan nasional Riau-Sumbar ini kita bisa melihat pemandangan yang sangat indah. Melihat danau PLTA Koto Panjang dari ketinggian.

Pantaslah kiranya banyak yang meng-upload foto-foto di Ulu Kasok di media sosial sehingga menjadi viral.

"Luar biasa indah sekali ternyata. Selama ini kita tak menyangka ada panorama yang indah ini," ujar Saidi.

Menurutnya, banyak potensi wisata terutama di Danau PLTA Koto Panjang ini. "Di sini ada air terjun di beberapa lokasi, danaunya indah sekali. Banyak spot mancing, ada pulau-pulau yang bisa disinggahi," beber Saidi.

Ia berharap suatu saat masyarakat dan pemerintah tak hanya melirik Raja Ampat dan tempat lainnya di Indonesia tapi juga melirik Ulu Kasok dan lokasi wisata lainnya di Kabupaten Kampar.

Bagi yang ingin menikmati dari dekat keindahan danau PLTA Koto Panjang dan memancing, pengelola menyediakan perahu dan siap antar jemput ke pulau yang dituju.

Untuk masuk ke lokasi Ulu Kasok, pengunjung dikenakan biaya masuk yang cukup terjangkau yakni sebesar Rp 10 ribu per orang.

Untuk menuju lokasi ini sangat mudah. Ulu Kasok terletak di Desa Pulau Gadang, Kecamatan XIII Koto Kampar. Hanya sekitar 30 menit dari Bangkinang. Letaknya di pinggir jalan nasional Riau-Sumbar sebelah kiri.***/suarakampar

 
Berita Terbaru >>
Pelabuhan Dumai, Menyeruak di Keheningan
Jaksa Prima Jelaskan Peran JPN dalam Penyelamatan Aset Negara
Didukung Dispar Riau, Forwata Bakal Lakukan Vaksin di Tempat Wisata
PT Timah Tbk, Bantu Atlet Babel Menuju PON XX Papua
Wako Pekanbaru Diminta Batalkan Kegiatan Penanaman Tanaman Porang di Rumbai Barat
Tim Davis Indonesia Mengharumkan Nama Bangsa dan Diharapkan Membuat Kejutan
IKA UNPAD, Targetkan Vaksinasi 20 Ribu Disabilitas
Bertemu Menpora Amali, Ketum PELTI Laporkan Persiapan Tim Indonesia Ikut Davis Cup 2021
Kisruh di Balik Kenaikan Tarif Bandara Soekarno - Hatta Masih Diselidiki
Rektor 'Uji Nyali' di Parade Baca Puisi
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com