Sabtu, 28 November 2020
Follow:
Home
Taman Teknologi Siak Segera Diresmikan
Jumat, 18/08/2017 - 17:35:42 WIB
 
 

SIAK - Kepala Balai Pengkajian Teknologi Pertanian (BPTP) Riau, Kuntoro Boga Andri mengatakan, Taman Teknologi Pertanian (TTP) Siak yang berlokasi di kecamatan Sungai Mandau sudah berjalan selama dua tahun, namun pada pelaksanaannya berjalan pada bulan September 2016.

"Sejauh ini, kegiatan fisiknya ini sudah mencapai 50 persen, sedangkan untuk pembangunan sarana dan prasarana sudah 95 persen," kata Kuntoro, Jumat (18/8/2017) di kediaman Bupati.

Sementara untuk kegiatan teknis dan pembinaan di lapangan seperti pembenihan padi, bawang dan itik sedang berjalan (on going) sekitar 60 persen.

Kemudian dijelaskannya, akhir tahun 2018 semuanya sudah bisa diselesaikan, dan siap diserahkan ke pemerintah kabupaten Siak. Namun demikian pihaknya akan terus melakukan pendampingan guna memantau perkembangan TTP Siak, jangan sampai terbengkalai dan tidak bermanfaat.

Kuntoro menambahkan, manfaat dari Taman Teknologi Tersebut tersebut adalah, bisa meningkatkan sumber daya manusia (petani) lokal, kemudian Kabupaten Siak akan memiliki sumber benih yang lebih dekat.

Selama ini kita mendatang benih padi dan bawang dari Jawa, tentunya perlu biaya yang besar terlebih lagi ada penyusutan. Jadi kalau pusat pembenihan sudah ada, otomatis biaya transportasi sudah tidak ada lagi.

Selain itu, kata dia, masyarakat akan lebih akses dengan jenis-jenis yang baru, dan perkembangan varietas yang sudah sangat baik.

Ini sudah terbukti, di Sungai Mandau itu dulu masih menggunakan varietas lokal. Dan saat ini mereka sudah banyak pilihan, artinya kalau tidak cocok dengan yang ini bisa beralih ke yang lain.

Dan yang terpenting adalah, bagaimana TTP tersebut bisa melahirkan wirausaha. Calon wirausaha ini bisa belajar serta mandiri yang didukung dari pemkab untuk membuka pusat-pusat usaha baru.

"Namun, hakekatnya akan menjalin jaringan kuat terhadap semua komponen yang tujuannya membangun sistem pertumbuhan ekonomi daerah yang lebih baik," katanya. ***/ril

 
Berita Terbaru >>
Nasrul Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim
Jangan Perlahan untuk Menunaikan Zakat
Sekdaprov Riau Apresiasi Bazar UMKM di Kantor Penghubung Jakarta
Beri Motivasi Kafila Riau, Wagubri Kunjungi Arena MTQ Nasional di Sumbar
Gubri: Riau Hijau, Wujud Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Gubri: Tinggal Satu Zona Merah Covid -19 di Riau, Tetap Waspada
Gubernur Riau Pertama Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Gubri: Jadikan Motivasi
Saksikan Tari Zapin Api di Rupat Utara, Gubri: Tarian Ini Penuh Magis dan Mistik
Diserahkan Presiden Secara Virtual, Riau Terima 17.688 Sertifikat Untuk Rakyat
Gubri Lakukan Groundbreaking SPAM Pekanbaru-Kampar, Airnya Bisa Langsung Diminum
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com