Jum'at, 04 Desember 2020
Follow:
Home
KPK Dukung Hak Masyarakat Adat Talang Mamak Riau
Sabtu, 08/12/2018 - 21:15:04 WIB
 
 

RENGAT - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) mendukung hak masyarakat adat suku Talang Mamak. Hal ini dikatakan Budi Santoso, dari jaringan Kerjasama antar Komisi dan Intansi KPK saat diskusi masyarakat adat dan pemerintah dalam acara Gawai Gedang suku Talang Mamak, Sabtu (8/12/2018).

"KPK memperhatikan dan mendukung hak masyarakat adat dari segi ekonominya, sosial dan politik," ujarnya.

Menurut Budi, saat ini KPK sedang membentuk satuan tugas yang bekerja mengumpulkan data, penelitian dan analisi tentang perambahan kawasan hutan.

"Data penelitian dan analisis itu nantinya akan kita serahkan kepada pemerintah, termasuk pemerintahan daerah setempat untuk ditindaklanjuti jika terjadi temuan perampahan kawasan hutan," sebutnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Aliansi Masyarakat Adat Nusantara (AMAN) Abdon Nababan mengungkapkan, AMAN telah memiliki 15 peta wilayah adat Talang Mamak dengan luasan 178.470 hektar. Areal wilayah adat ini sebagian dikuasai koorporasi.

"Peta wilayah adat itu sudah kami serahkan ke pemerintah. Sayangnya, sampai saat ini pemerintah belum membuat peraturan daerah tentang masyarakat adat Talang Mamak," ungkapnya.

Menurut Abdon, pemerintah daerah juga bisa membuat Surat Keputusan Bupati tentang masyatakat adat. Dasarnya adalah Permendagri nomor 52 tahun 2014, tentang pedoman pengakuan dan perlindungan masyarakat hukum adat, yang mengatur bahwa pengakuan masyarakat bisa melalui SK Bupati.

Menanggapi hal ini, anggota DPRD Inhu, Nursyamsiah mengajak Ketua AMAN bertemu dengan pimpinan DPRD Inhu. "Usulan ketua AMAN ini akan kita bicaran dengan pimpinan daerah serta kita bahas bersama di badan legislasi," sebutnya. ***/mcr


 
Berita Terbaru >>
Setiap Kamis Disketapang Akan Gelar PPM
Istri Gubernur Riau dan Dua Ajudan Terpapar Covid
Jenis Jenis Zakat Mal
UIR Gelar Pembinaan Mutu Akademik
Nasrul Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim
Jangan Perlahan untuk Menunaikan Zakat
Sekdaprov Riau Apresiasi Bazar UMKM di Kantor Penghubung Jakarta
Beri Motivasi Kafila Riau, Wagubri Kunjungi Arena MTQ Nasional di Sumbar
Gubri: Riau Hijau, Wujud Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Gubri: Tinggal Satu Zona Merah Covid -19 di Riau, Tetap Waspada
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com