Jum'at, 25 09 2020
Follow:
Home
Rusak Takterpakai, Disdukcapil Pekanbaru Musnahkan 13.318 E-KTP
Senin, 17/12/2018 - 17:47:47 WIB
 
 

PEKANBARU - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru, musnahkan 13.318 kartu tanda penduduk elektronik (eKTP) dan ribuan KTP Siak (KTP lama) rusak. 

Disaksikan pihak Kejaksaan Negeri (Kejari) Pekanbaru, Disduk KB Provinsi, Inspektorat dan Polda Riau, Senin (16/12/2018) siang, ribuan eKTP tak terpakai tersebut dibakar di halaman Kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru.

"Hari ini kita melakukan pemusnahan blanko KTP yang rusak atau yang tidak bisa digunakan kembali. Ini sesuai instruksi Mentri Dalam Negeri melalui Dirjen Disdukcapil yang baru saja kita terima. Ini untuk pertama kalinya di Kota Pekanbaru, khususnya Disdukcapil, melakukan pemusnahan," ungkap Asisten I Bidang Pemerintahan, Azwan didampingi Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Baharuddin, beserta Sekretarisnya.

Lebih jauh dijelaskan Azwan, selama ini KTP rusak belum dimusnahkan, lantaran tidak adanya dasar hukum yang mengikat.

"Kenapa selama ini tidak dimusnahakan, karena tidak ada dasar hukumnya, kemudian yang kedua, kalau dimusnahkan, kalau ada pemeriksaan oleh pihak berwenang lainnya, akan menimbulkan kesulitan bagi kita. Karena ada instruksi, kita langsung musnahkan 13.318 lembar keping KTP rusak. Ini disaksikan pihak Polda Riau, Kejari yakni Kasi Intel, kemudian Inspektorat, Kadisduk KB Provinsi, serta kita semua. Ini langkah awal. Kami ingin menyampaikan, dalam menghadapi tahun politik, kita jangan terpancing dengan berita hoaks. Seperti KTP yang tercecer (diberbagai daerah)," ujar Azwan.

Saat disinggung KTP rusak yang tersimpan di Dusdukcapil Kota Pekanbaru, KTP yang dicetak tahun berapa saja, dijawab Azwan.

"Mulai dari awal KTP eketronik dicetak, bahkan ada KTP Siak. Ini akan terus, apabila ada KTP rusak (dimusnahkan). Kita berharap jangan ada yang rusak la," harapnya. (*)

 
Berita Terbaru >>
Bahas Program Kerja, JMSI Riau Gelar Rapat Perdana
Ida Yulita Sebut MoU KUA-PPAS Perubahan APBD Langgar UU
HT Bersama Tim Bersyukur Dapat Nomor Tiga
Mahasiswa Kimia UMRI Taja Pelatihan Online
Ini Jenis Kampanye yang Diperbolehkan Saat Covid-19
Ini Jenis Kampanye yang Diperbolehkan Saat Covid-19
Mahasiswa Kimia UMRI Siap Bersaing di Dunia Usaha
SDN 008 Rimba Beringin Lakukan Penyemprotan Disinfektan
HT Resmi Kukuhkan Siap 86 dan LMG
FJPI Riau Turut Tandatangani MoU Perempuan Agen Perdamaian
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com