Kamis, 28 Maret 2024
Follow:
Home
Peduli Kesetaraan Gender, Siak Raih Anugerah Parahita Ekapraya 2018
Rabu, 19/Desember/2018 - 16:41:46 WIB
 
 
TERKAIT:
   
 
JAKARTA - Pemerintah Kabupaten Siak kembali menerima penghargaan Anugerah Parahita Ekapraya (APE) 2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA), Rabu (19/12/2018) di Istana Wakil Presiden Jakarta.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Menteri PP dan PA, Yohana Yembise, disaksikan oleh Wapres RI Jusuf Kalla.

Bupati Siak, Drs H Syamsuar MSi, seusai menerima penghargaan mengatakan, anugrah ini kembali diraih sebagai bentuk penghargaan kepada Pemkab atas kepedulian terhadap kesetaraan gender.

“Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kepada pemerintah daerah yang telah memperhatikan kesetaraan gender," ungkap Syamsuar.

Sejumlah indikator dipenuhi Kabupaten Siak sehingga berhasil menyabet penghargaan tersebut. Indikatornya seperti fasilitasi dan regulasi yang responsif gender serta jumlah pejabat perempuan yang ada dilingkup Pemerintah Kabupaten Siak.

Syamsuar berharap kedepannya Pemkab Siak bisa lebih meningkatkan serta memperhatikan program pembangunan yang berhubungan dengan kesetaraan gender.

“Alhamdulillah penghargaan ini menjadi motivasi sehingga kita bisa lebih memperhatikan program-program pembangunan dengan memperhatikan kesetaraan gender,” ucap Syamsuar.

Sementara itu Plt Kadis DP2APPKB Siak, Robiati, menjelaskan penghargaan ini adalah yang kedua kalinya sejak tahun 2013 dan ditahun ini kategori penghargaan tersebut mengalami peningkatan.

“Untuk Kabupaten Siak ini sudah yang kedua kalinya sejak 2013, dan ditahun ini kita meraih peningkatan pada kategori yang awalnya kita dikategori Pratama namun tahun ini kita meningkat dikategori Madya,” jelasnya.

Dalam sambutannya, Wapres Jusuf Kala menegaskan, ada 3 issue besar di dunia, yaitu demokrastisasi, perubahan iklim, dan kesetaraan gender. Katanya, negara kita memperhatikan dan mengarusutamakan 3 issue tersebut.

Wapres menegaskan penghargaan ini merupakan wujud nyata bahwa peran perempuan cukup besar. Peran perempuan di dunia berubah seiring dengan perkembangan teknologi dan kemajuan jaman. Kemajuan pendidikan dan teknologi, menurutnya, telah mengantar peranan perempuan menjadi lebih baik secara sosial politik.

“Ibu mempunyai perbedaan tugas pada masa lalu dan sekarang akibat teknologi. Dulu ibu kita menghabiskan setengah, bahkan sepanjang hari untuk mengurus rumah tangga. Sekarang mungkin hanya sejam,” tambahnya.

Wapres juga berharap, perempuan dapat berperan untuk memperbaiki perlindungan anak dimulai dari rumah tangga, daerah, dan secara nasional.***/ril

 
Berita Terbaru >>
3 Calon Pj Wako Pekanbaru Segera Diusulkan
Pembobol Toko HP di Pekanbaru Ditembak Polisi!
Pj Gubri Resmikan Masjid Taqwa Muhammadiyah Tuah Madani
TK An Namiroh 2 Pekanbaru Berbagi Nasi Kotak di Simpang Srikandi Ujung
Maksimalkan Pelayanan, Pemko Pekanbaru akan Bangun Dua Pos Damkar Baru
Agar Mudik Aman dan Nyaman, Hindari Tanggal Ini!
ICCR Bagikan Ratusan Paket Sembako untuk Warga Sidomulyo Barat Tuah Madani
Bahas Pelaksanaan HUT, Ini Tiga Agenda Besar PJS
Nikel di Sultra Milik Semua Rakyat Sultra, Pemerintah Harus Lebih Adil
Truk Terobos Palang Pintu, Masinis KA Putri Deli Terluka
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com