Selasa, 20 Oktober 2020
Follow:
Home
Antisipasi Karhutla dengan Status Siaga Darurat
Sabtu, 05/01/2019 - 15:33:44 WIB
 
 

PEKANBARU -  Langkah antisipasi Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) memang masih menjadi perhatian serius bagi Pemerintah Provinsi Riau dan stakeholder terkait. Ini terlihat dengan rencana untuk menetapkan status siaga darurat sejak dini.

Langkah tersebut dilakukan karena angka hotspot dan kasus karhutla mulai menghampiri di awal tahun. Diharapkan dengan langkah antisipasi sejak dini, angka karhutla di beberapa daerah di Riau dapat ditangani dan diminimalisir.

Sekretaris Daerah Provinsi Riau, Ahmad Hijazi menilai hal itu memang menjadi perhatiannya bersama stakeholder terkait. Selain itu sebagai tindaklanjut dari berbagi informasi yang berkembang, pihaknya akan melakukan rapat untuk membahas penetapan status siaga darurat karhutla ini.

“Nanti akan dirapatkan, bisa saja petapan status siaga darurat lebih awal, maka penanganan bisa lebih maksimal. Memang kita segera antisipasi. Nanti saya akan komunikasikan dengan kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau," tuturnya.

Poin itu dinilai juga dengan beberapa pettimbangan untuk rencana penetapan status siaga darurat karhutla di Provinsi Riau. Salah satu pertimbangannya adalah kondisi cuaca dan munculnya beberapa hotspot dapat menjadi ancaman kebakaran lahan di Riau.

Untuk diketahui pada tahun 2018 lalu, Satgas Karhutla Riau menetapkan status siaga Karhuta di awal Januari setelah insiden kebakaran melanda secara masif di beberapa kabupaten dan kota di wilayah itu. Status siaga darurat karhutla itu berakhir pada 30 November 2018 dan angka karhutla menurun cukup signifikan dibanding tahun 2017 lalu.***/mcr

 
Berita Terbaru >>
Panen Jagung di Palas, Gubri: Riau Kini Menuju Swasembada Pangan
Ketua JMSI Riau Dampingi Gubri Panen Jagung di Palas
SAH Jadi Ketua DPD Nasdem Pekanbaru, Abu Bakar Sidik Terima SK dari DPP
Kasus BBM Palsu dan Penyuapan PT AMNI 'Ngendap', Pengacara Rina Winda Kembali Buat Surat Aduan
BBKSDA Riau Pasang Perangkap Beruang di Perusahaan Sawit
Bersedekahlah, Pahalanya Seperti Mata Air yang Terus Mengalir
Alfedri - Husni Siap Lanjutkan Pembangunan Kabupaten Siak
Aulia, Hafidzah 30 Juz Terima Bantuan Pendidikan dari Rumah Yatim
SAH Kukuhkan Tim Relawan Mak-Mak di Tualang
Bantuan Pendidikan Rumah Yatim untuk Laila, Anak Yatim Berprestasi di Pekanbaru
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com