Rabu, 28 Oktober 2020
Follow:
Home
Antisipasi Karhutla, BPBD Riau Water Bombing Kawasan Pesisir Riau
Selasa, 19/02/2019 - 11:45:21 WIB
 
 

PEKANBARU - Akhir-akhir ini kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di Riau terus terjadi, bahkan cenderung meningkat. karena itu BPBD Riau terus menanganinya secara maksimal. Salah satu strategi yang dilakukan adalah dengan water bombing di titik-titik karhutla tersebut.

Menurut Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau Edwar Sanger, langkah ini dilakukan karena dinilai mampu mengeliminir ancaman karhutla yang terus membayangi Riau.

"Pemadaman dan pendinginan lahan yang terbakar dilakukan dengan water bombing untuk lokasi-lokasi kebakaran yang cukup jauh dari akses penanganan jalur darat," kata Edwar.

Menurut Edwar, untuk langkah awal pihaknya sudah meluncurkan bom air (water bombing) untuk memadamkan api yang membakar sejumlah lahan dan hutan di wilayah pesisir Riau.

“Terus kita inventarisir dan lakukan penanganan di lapangan. Memang kendalanya jangkauan lokasi yang sulit sekali ditempuh dengan jalur darat. Oleh sebab itu pemadaman dan pendinginan lahan yang terbakar dilakukan dengan water bombing,” paparnya.

Kondisi ini diperparah dengan wilayah pesisir yang jarang diguyur hujan beberapa hari belakangan ini. Sementara angin kencang dan cuaca panas terus terjadi sehingga membuat api semakin cepat menyebar membakar lahan di kawasan tersebut.

Untuk implementasi awal satu armada helikopter jenis Bell 412 dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah mengudara dan telah melakukan water bombing di beberapa titik rawan. Seperti di kawasan Pulau Rupat, Bengkalis. Dumai, Rohul, Bengkalis, dan Kepulauan Meranti.***/mcr

 
Berita Terbaru >>
Rumah Yatim Salurkan Bantuan Bahan Pokok untuk Warga Rumbai Pesisir
Takut Dibegal,Truk Tabrak,Pintu Tol,Pekanbaru-Dumai
Tenaga Kesehatan Disiapkan di Posko Cek Point Perbatasan Riau
Gubernur Riau Berniat Kunjungi Keluarga Almarhum Moralis
Bekerja dengan Ikhlas Bisa Jadi Amal Penghapus Dosa
Ingat Mati, Khabib Nurmagomedov Memulai Hidup Baru
Tujuh Makanan dengan Serat Tinggi dan Baik untuk Kesehatan
Madu Bisa Jadi Pengganti Gula Dalam Masakan
Gubri Minta Pos Check Point Perbatasan Kembali Diaktifkan
Gita Wirjawan : Kualitas Informasi Faktor Penentu Perjalanan Sebuah Bangsa
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com