Minggu, 25 Oktober 2020
Follow:
Home
Bakar Lahan Gambut untuk Tanam Cabai, Warga Kampar Ditangkap Polisi
Minggu, 14/07/2019 - 15:16:10 WIB
 
 

KAMPAR -  Berniat hanya ingin menanam cabai tetapi dengan membakar lahan gambut, api malah tak bisa dikendalikan. Akibatnya, pemuda Kampar, Riau ini harus berurusan dengan pihak berwajib.

Polsek Tambang, Kampar, akhirnya menangkap MH (22) yang diduga membakar lahan gambut ketika akan membuka kebun cabai di Desa Parit Baru, Kabupaten Kampar.

"Tersangka awalnya membakar tumpukan semak yang ditebas, lalu dibakar, tapi kemudian api tak bisa dia kendalikan," kata Kapolsek Tambang Iptu Jurfredi, Minggu (14/7/2019).

MH melakukan pembukaan lahan dengan cara tebas dan bakar (slash and burn) sehingga menimbulkan kebakaran lahan gambut yang luas.

Polisi menangkap tangan tersangka Rabu (11/7/2019) sekitar pukul 14.00 WIB di lokasi kebakaran lahan di Desa Parit Baru tersebut.

Pembakaran lahan tersebut membuat api tidak bisa dikendalikan dan menyebar cepat di lahan gambut. Api merambat di bawah permukaan dan menimbulkan asap pekat.

"Api sudah membesar yang mengeluarkan asap, karena di situ kan tanah gambut. Jadi tersangka mencoba memadamkan api, tapi tidak bisa lagi," ujar Jufredi.

Proses pemadaman kebakaran lahan gambut tersebut akhirnya ditangani oleh tim pemadam kebakaran Manggala Agni, Masyarakat Peduli Api, serta TNI dan Polri. Tim gabungan yang dipimpin Manggala Agni sejak Kamis (11/7/2019).

“Api menyala di bagian bawah tanah gambut, penuh semak belukar yang sangat berpotensi mudah terbakar api. Kondisi seperti itu membuat petugas kesulitan ketika melakukan pemadaman," kata Kepala Daops Manggala Agni Pekanbaru, Edwin Putra.

Dalam proses pemadaman api, tim Satgas menurunkan peralatan pemadam, yakni mesin marck 3 (1 unit), mesin mini striker (1 unit), selang 1,5 inchi (14 unit), selang 2,5 Inch (8 unit), peralatan tangan (1 set), dan racun api (30 liter).***/dai

 
Berita Terbaru >>
Madu Bisa Jadi Pengganti Gula Dalam Masakan
Gubri Minta Pos Check Point Perbatasan Kembali Diaktifkan
Gita Wirjawan : Kualitas Informasi Faktor Penentu Perjalanan Sebuah Bangsa
Bantuan Pendidikan Rumah Yatim untuk Anak-anak di Desa Dosan Siak
Gelar Workshop, SDN 008 Rimba Beringin Siap Terapkan Kurikulum Darurat
Panen Jagung di Palas, Gubri: Riau Kini Menuju Swasembada Pangan
Ketua JMSI Riau Dampingi Gubri Panen Jagung di Palas
SAH Jadi Ketua DPD Nasdem Pekanbaru, Abu Bakar Sidik Terima SK dari DPP
Kasus BBM Palsu dan Penyuapan PT AMNI 'Ngendap', Pengacara Rina Winda Kembali Buat Surat Aduan
BBKSDA Riau Pasang Perangkap Beruang di Perusahaan Sawit
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com