Sabtu, 28 November 2020
Follow:
Home
Lima Rumah Sakit di Pekanbaru Ditunjuk Sebagai Rujukan Pasien Corona
Selasa, 03/03/2020 - 06:42:22 WIB
 
 

PEKANBARU- Pasca diumumkan oleh Presiden Joko Widodo bahwa  virus corona sudah masuk ke  Indonesia,  Lima rumah sakit di Pekanbaru ditunjuk sebagai rumah sakit rujukan.

Lima rumah sakit tersebut diantaranya RS Arifin Achmad, RS Awal Bros Sudirman, RS Santa Maria, RS Ibnu Sina, dan RS Eka Hospital.
Demikian disampaikan Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Maisel Fidayesi kepada wartawan Senin (2/3/2020).

Maisel menyampaikan pihaknya terus berkoordinasi dengan Diskes Provinsi Riau terkait langkah pencegahan penyebaran virus Corona.
Saat ini, masih keterangan Maisel, pihaknya menyiagakan tenaga medis tambahan untuk mengantisipasi jika didapati suspec virus corona di Pekanbaru.

Kami sudah koordinasi dengan provinsi, untuk rumah sakit rujukan di Arifin Achmad. Kalau untuk swastanya, RS Awal Bros Sudirman, RS Santa Maria, RS Ibnu Sina, dan Eka Hospital," terang Maisel.

Pihaknya juga menerbitkan surat edaran (SE) waspada virus corona. SE Walikota akan disebar ke seluruh puskesmas dan rumah sakit di Kota Pekanbaru untuk menindaklanjuti dan melakukan observasi jika tanda-tanda virus Corona  ada pada pasien. 

Disampaikan, ada beberapa gejala yang muncul akibat tertular virus Corona.diantaranya, demam, batuk kering, lemas, dan sesak nafas. 
Maisel menyebut  virus corona dapat menyerang siapa saja. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa, dan lanjut usia. Namun lebih rentan menyerang anak-anak dan Lansia.

Maisel menyebut, koordinasi dengan instansi lainnya masih berlanjut. Seperti dengan KKP (Kantor kesehatan pelabuhan) juga dilakukan, guna mendeteksi virus corona dari pintu masuk wilayah Pekanbaru melalui alat pengukur suhu tubuh yang ditempatkan disetiap pintu masuk. 

Kalau untuk pemberian masker dalam waktu dekat ini, mungkin belum dapat kita lakukan karena keterbatasan masker. Untuk musim asap kemarin saja kita masih kekurangan masker. Tapi kita akan koordinasi kan lagi sama Diskes Provinsi apakah ada bantuan masker," tutupnya. (*)

 
Berita Terbaru >>
Nasrul Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim
Jangan Perlahan untuk Menunaikan Zakat
Sekdaprov Riau Apresiasi Bazar UMKM di Kantor Penghubung Jakarta
Beri Motivasi Kafila Riau, Wagubri Kunjungi Arena MTQ Nasional di Sumbar
Gubri: Riau Hijau, Wujud Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Gubri: Tinggal Satu Zona Merah Covid -19 di Riau, Tetap Waspada
Gubernur Riau Pertama Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Gubri: Jadikan Motivasi
Saksikan Tari Zapin Api di Rupat Utara, Gubri: Tarian Ini Penuh Magis dan Mistik
Diserahkan Presiden Secara Virtual, Riau Terima 17.688 Sertifikat Untuk Rakyat
Gubri Lakukan Groundbreaking SPAM Pekanbaru-Kampar, Airnya Bisa Langsung Diminum
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com