Kamis, 01 Oktober 2020
Follow:
Home
Atasi Krisis Ganda Asap dan Covid-19 Karhutla Harus Dicegah
Selasa, 28/07/2020 - 14:49:01 WIB
  Foto Ilustrasi Internet
 

JAKARTA - Pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla) perlu dilakukan untuk menghindari krisis ganda, yang disebabkan oleh asap kebakaran dan pandemi Covid-19 yang masih melanda Indonesia saat ini.

Menurut Senior Public Health Adviser Alam Sehat Lestari (ASRI), drg Monica R Nirmala, masyarakat yang terpapar asap karhutla berpotensi memiliki respons imun yang lebih rendah, penyakit pernapasan yang lebih tinggi, penyakit jantung dan pembuluh darah yang lebih tinggi dan peradangan sistemik yang lebih tinggi.

Bicara dalam diskusi virtual tentang karhutla dan Covid-19 yang diselenggarakan Yayasan ASRI di Jakarta hari ini, Selasa (28/7/2020), dia mengatakan bahwa potensi kesehatan yang timbul akibat terpapar asap karhutla tersebut bisa membuat risiko terpapar Covid-19 semakin besar.

"Faktor imun penting dalam menghadapi penyakit yang belum memiliki vaksin dan obat tersebut," katanya, dilansir dari Antara.

Selain itu, kondisi dampak asap terhadap sistem pernapasan, jantung dan peradangan juga dapat menjadi komorbid atau penyakit penyerta yang bisa memperparah kondisi pasien yang terinfeksi Covid-19.

"Artinya kalau masyarakat terpapar Covid-19 dan karhutla di saat yang bersamaan maka dampaknya bisa lebih parah terhadap kesehatan karena serangannya ganda," ujar peraih gelar Master of Public Health dari Universitas Harvard itu.

Monica juga mengatakan karhutla dapat mengakibatkan warga melakukan pengungsian yang bisa mengumpulkan banyak orang dalam satu ruang tertutup dengan penyaringan udara yang tidak baik. Hal itu dapat menambah risiko penularan antar pengungsi.

"Yang harus kita lakukan adalah mencegah karhutla berapapun harganya," ujar Monica.***

 
Berita Terbaru >>
Pandemi Covid-19 Jaga Imun Tubuh dengan Komsumsi Vitamin
Kunci Hidup Nikmat dan Bahagia Menurut Habib Syech bin Abdul Qodir
Minggu Ini Harga Sawit Riau Kembali Turun
Bupati Siak Lantik Dua Anggota Badan Permusyawaratan Kampung
Kepsek SDN 008 Rimba Beringin Minta Wali Murid Waspada
Kukuhkan Tim Relawan Kerinci Kanan, Alfedri Yakin Raup Suara 80 Persen
SAM Group dan Karang Taruna Sialang Rampai Kembali Berbagi Sembako
Pasangan SAH Kukuhkan Tim Relawan di Kecamatan Koto Gasib Siak
Bahas Program Kerja, JMSI Riau Gelar Rapat Perdana
Ida Yulita Sebut MoU KUA-PPAS Perubahan APBD Langgar UU
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com