Selasa, 20 Oktober 2020
Follow:
Home
Ekonomi Berbasis Syariah Lebih Tahan Krisis
Selasa, 06/10/2020 - 07:35:22 WIB
 
 

JAKARTA - Ekonomi dan keuangan berbasis syariah akan menjadi energi baru yang mendorong pemulihan ekonomi nasional di tengah pandemi Covid-19, karena memiliki banyak kelebihan.

Menurut Deputi Gubernur Bank Indonesia, Dody Budi Waluyo, ekonomi berbasis syariah dengan nilai-nilai yang dianutnya terbukti lebih tahan terhadap krisis, karena ada nilai  keadilan dan transparansi.

"Hal ini menjadi unsur penting yang membuat sektor syariah lebih tahan krisis, meski beberapa institusi keuangan tumbang, tapi lembaga keuangan syariah tetap bertahan bahkan tumbuh positif," katanya dalam launching FESyar area Jawa, Senin (5/10/2020).

Menurutnya, dengan segala kelebihan tersebut, ekonomi syariah mampu dan hadir menawarkan solusi yang sifatnya ahead the curve. Artinya, ekonomi syariah bisa mendahului tren ekonomi dan membawa solusi untuk mengatasi masa sulit seperti saat ini.

Ia mengatakan proyeksi pertumbuhan ekonomi pada kuartal III masih akan kontraksi meski nilainya lebih baik dari kuartal II, seiring dengan arah perbaikan ekonomi global dan dampak dari stimulus fiskal yang sudah diluncurkan.

Untuk mendorong ekonomi syariah, setidaknya ada sejumlah tantangan yang harus dihadapi bersama. Bagi pelaku usaha, ada tantangan permodalan, perluasan jangkauan pasar, akses pembiayaan. Selain itu adalah percepatan perkembangan inovasi.

Untuk bisa ahead the curve, produk syariah perlu lebih variatif. Selain itu kualitas sumber daya manusia juga masih perlu ditingkatkan karena pengelolaan lembaga industri keuangan syariah perlu sangat profesional.

"Ini terkait dengan dana umat yang sangat besar sehingga perlu SDM yang mampu dalam pengelolaan," katanya.

Selain itu, pengembangan infrastruktur yang masih terbatas juga jadi tantangan. Padahal era teknologi sudah berkembang sehingga industri ekonomi syariah pun tidak boleh ketinggalan. Digitalisasi adalah senjata untuk membuat industri bertahan.***/Rol

 
Berita Terbaru >>
Panen Jagung di Palas, Gubri: Riau Kini Menuju Swasembada Pangan
Ketua JMSI Riau Dampingi Gubri Panen Jagung di Palas
SAH Jadi Ketua DPD Nasdem Pekanbaru, Abu Bakar Sidik Terima SK dari DPP
Kasus BBM Palsu dan Penyuapan PT AMNI 'Ngendap', Pengacara Rina Winda Kembali Buat Surat Aduan
BBKSDA Riau Pasang Perangkap Beruang di Perusahaan Sawit
Bersedekahlah, Pahalanya Seperti Mata Air yang Terus Mengalir
Alfedri - Husni Siap Lanjutkan Pembangunan Kabupaten Siak
Aulia, Hafidzah 30 Juz Terima Bantuan Pendidikan dari Rumah Yatim
SAH Kukuhkan Tim Relawan Mak-Mak di Tualang
Bantuan Pendidikan Rumah Yatim untuk Laila, Anak Yatim Berprestasi di Pekanbaru
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com