Sabtu, 16 Januari 2021
Follow:
Home
Tiga Ekor Anak Harimau Terekam Kamera Trap di Bukit Tiga Puluh
Kamis, 08/10/2020 - 05:47:16 WIB
 
 

RIAU - Salah satu kamera trap yang dipasang oleh tim pemantauan harimau sumatera (Phantera tigris sumatrae), berhasil merekam aktivitas seekor induk dengan tiga ekor anak harimau sumatera di kawasan Taman Nasional (TN) Bukit Tiga Puluh.

Menurut Kepala Balai TN Bukit Tiga Puluh, Fifin Arfiana Jogasara, Rabu (07/10/2020), adanya kelahiran harimau sumatra di TN Bukit Tiga Puluh menandakan bahwa kawasan konservasi ini masih baik untuk kelestarian satwa ikonik Sumatera tersebut. Pakan dan daya dukung habitat, menjadi faktor kunci keberhasilan peningkatan populasi harimau sumatera.

“Harimau sumatra merupakan salah satu spesies prioritas yang telah ditetapkan KLHK, melalui Surat Keputusan Dirjen KSDAE nomor SK.180/IV-KKH/2015 tentang penetapan 25 (dua puluh lima) satwa terancam punah prioritas untuk ditingkatkan populasinya sebesar 10 persen pada Tahun 2015-2019,” kata Fifin.

Mendukung hal tersebut, Direktur Konservasi Keanekaragaman Hayati (KKH), Indra Exploitasia, mengatakan kelahiran anak harimau sumatera di habitat alam TN Bukit Tiga Puluh, merupakan keberhasilan pemerintah Indonesia dalam melakukan peningkatan populasi spesies terancam punah.

TN Bukit Tiga puluh seluas144.223 Hektar, ditunjuk tahun 1995 dan ditetapkan pada tahun 2002, merupakan ex 2 HPH. Taman Nasional yang berada di Riau dan Jambi ini juga merupakan tempat hidup Suku Talang Mamak di 9 dusun, sebanyak 336 kepala keluarga yang kehidupannya masih sangat bergantung pada sumberdaya hutan.

Areal Kelola masyarakat ini, pada tahun 2016 telah dimasukkan ke dalam Zona Tradisional (4.870 Ha), dengan tujuan, untuk melindungi akses mereka memperoleh berbagai jenis hasil hutan bukan kayu. Mereka juga menjadi bagian dari mitra utama Balai TN Bukit Tiga Puluh yang terus diberdayakan.***/mcr

 
Berita Terbaru >>
5 Jenis Dress yang Wajib Dimiliki Wanita Usia 40-an
Hari Ini 86 Tenaga Kesehatan Kota Pekanbaru Jalani Vaksinasi
Dr M Ikhsan Ungkap Cara Bikin Pekanbaru Bebas Banjir
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi
Ade Hartati, Legislator Pertama penerima Vaksin Di Prov Riau
10 Tokoh Publik Pekanbaru Jalani Vaksinasi
Syeikh Ali Jaber Tutup Usia
Tujuh Kelompok Tani di Pekanbaru akan Terima Bantuan dari Pusat
Okky Bisma, Korban Sriwijaya Air SJ-182 yang Pertama Berhasil Teridentifikasi
Rumah Yatim Salurkan Bantuan Sembako Pada Lansia Prasejahtera Riau
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com