Jum'at, 04 Desember 2020
Follow:
Home
Bawaslu Riau Temukan 2 Pelanggaran Selama 499 Kali Pelaksanaan Kampanye
Kamis, 08/10/2020 - 06:05:38 WIB
  Rusidi Rusdan
 

PEKANBARU - Sampai hari ke-12 pelaksanaan kampanye Pilkada Serentak 2020 di Riau, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mencatat ada 449 kali pertemuan yang digelar oleh seluruh calon kepala daerah di 9 kabupaten/kota yang akan melaksanakan Pilkada.

Dari total jumlah pertemuan tersebut, dua pertemuan terpaksa dibubarkan karena penyelenggara tidak mengantongi Surat Tanda Terima Pemberitahuan (STTP) Kampanye.
STTP ini berlaku untuk setiap jenis kampanye, termasuk tatap muka atau dialogis.

"Secara prosedur, STTP lebih dulu disampaikan kepada polisi dan ditembuskan ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) serta Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu)," kata Ketua Bawaslu Riau, Rusidi Rusdan.

Menurut Rusidi, dua kegiatan kampanye yang dibatalkan itu ada di Kota Dumai. Jajaran Bawaslu bersama pihak kepolisian setempat mengambil langkah tegas berupa pembubaran kegiatan.

Berdasarkan pengawasan kampanye di 10 hari pertama itu, lanjut Rusidi, Paslon lebih banyak melakukan kampanye dengan pertemuan terbatas, penyebaran bahan kampanye dalam bentuk masker, penutup kepala wanita (jilbab), kartu nama, brosur, serta stiker dan lain lain.

Dalam pelaksanaannya, kegiatan tersebar di beberapa daerah seperti di Kabupaten Rokan Hulu, Kabupaten Rokan Hilir, Kabupaten Kuantan Singingi, Kabupaten Kepulauan Meranti dan Kota Dumai.

"Bahan kampanye yang dibagikan  pasangan calon kita lihat ada yang berbentuk jilbab, masker, pakaian, kartu nama dan brosur, dan itu diperbolehkan," jelasnya.

Pada masa pandemi Covid-19 ini, penerapan rotokol kesehatan juga merupakan bagian fokus pengawasan Bawaslu. Catatan Bawaslu, pelanggaran protokol kesehatan terjadi di Kabupaten Kuansing dan Kabupaten Kepulauan Meranti. Namun  Pengawas yang berada di lapangan segera mengingatkan kepada tim sukses dan masyarakat untuk mentaati protokol kesehatan.***/mcr


 
Berita Terbaru >>
Setiap Kamis Disketapang Akan Gelar PPM
Istri Gubernur Riau dan Dua Ajudan Terpapar Covid
Jenis Jenis Zakat Mal
UIR Gelar Pembinaan Mutu Akademik
Nasrul Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim
Jangan Perlahan untuk Menunaikan Zakat
Sekdaprov Riau Apresiasi Bazar UMKM di Kantor Penghubung Jakarta
Beri Motivasi Kafila Riau, Wagubri Kunjungi Arena MTQ Nasional di Sumbar
Gubri: Riau Hijau, Wujud Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Gubri: Tinggal Satu Zona Merah Covid -19 di Riau, Tetap Waspada
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com