Jum'at, 27 November 2020
Follow:
Home
Ubi Jalar Termasuk Makanan Sehat untuk Atasi Susah BAB
Kamis, 29/10/2020 - 08:25:33 WIB
 
 

PEKANBARU - Susah buang air besar (BAB) seringkali kita hadapi, banyak penyebab, salah satu karena kurang mengkomumsi makanan berserat. Jika hal ini terjadi, selain perut kembung juga badan terasa tidak enak. Studi menunjukkan, hampir setiap orang pernah mengalami kesulitan buang air besar.

Selain karena kurang komsumsi makanan berserat, susah BAB bisa juga disebabkan karena diet, faktor usia atau penuaan, kurang aktivitas fisik, kurang tidur.

Saat ini banyak diiklankan obat pelancar BAB. Tetapi jika ingin mengatasinya secara alami, makanan tepat dan sehat, kaya akan serat dapat membantu memperlancar buang air besar. Apa saja jenis makanan tersebut?

Berikut daftar makanan sehat yang bisa memperlancar buang air besar.

1. Buah Apel
Buah apel merupakan sumber serat yang yang baik, sehingga dapat membantu usus mencerna makanan dan membentuk tinja dengan cepat. Apel juga mengandung serat larut pektin yang memiliki efek pencahar.

Studi menunjukkan apel dapat mempercepat waktu transit makanan di usus besar, mengurangi gejala sembelit, dan meningkatkan jumlah bakteri baik di usus.

2. Pir
Buah pir juga meringankan sembelit karena kaya akan serat. Selai itu, pir juga mengandung sorbitol yang bersifat osmotik sehingga dapat menarik air ke dalam usus dan merangsang pergerakan.

Kandungan fruktosa dalam pir juga bersifat sebagai pencahar alami sehingga memudahkan laju feses keluar dari tubuh.

3. Kacang
Kacang juga kaya akan sehat yang dapat membantu BAB lancar dan teratur setiap hari. Kacang mengandung serat larut dan tidak larut dalam jumlah yang cukup untuk meredakan gejala sembelit, kembung, dan gas di dalam perut.

4. Ubi jalar
Ubi mengandung serat tidak larut yang tinggi seperti selulosa, lignin, dan pektin. Semua kandungan ini berfungsi melancarkan pembuangan tinja.

5. Alpukat
Alpukat kaya akan nutrisi serat larut dan tidak larut yang dapat mengatasi sembelit dengan cepat. Serat di dalam alpukat dapat melunakkan dan mendorong kotoran keluar dari tubuh.

6. Yogurt
Produk susu fermentasi seperti yogurt dan kefir kaya akan probiotik yang baik untuk mencerna makanan di usus. Bakteri baik ini dapat mempercepat proses pencernaan dan pembuangan feses.

7. Brokoli
Brokoli mengandung sulforaphane, zat yang dapat melindungi usus dan melancarkan pencernaan. Studi menunjukkan konsumsi brokoli dapat mempercepat buang air besar dan mengurangi gejala sembelit.***

 
Berita Terbaru >>
Jangan Perlahan untuk Menunaikan Zakat
Sekdaprov Riau Apresiasi Bazar UMKM di Kantor Penghubung Jakarta
Beri Motivasi Kafila Riau, Wagubri Kunjungi Arena MTQ Nasional di Sumbar
Gubri: Riau Hijau, Wujud Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Gubri: Tinggal Satu Zona Merah Covid -19 di Riau, Tetap Waspada
Gubernur Riau Pertama Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Gubri: Jadikan Motivasi
Saksikan Tari Zapin Api di Rupat Utara, Gubri: Tarian Ini Penuh Magis dan Mistik
Diserahkan Presiden Secara Virtual, Riau Terima 17.688 Sertifikat Untuk Rakyat
Gubri Lakukan Groundbreaking SPAM Pekanbaru-Kampar, Airnya Bisa Langsung Diminum
Gubri Pimpin Rakor Penegakan Perda 4/2020 Tentang Kesehatan
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com