Rabu, 20 Januari 2021
Follow:
Home
Gubri Lakukan Groundbreaking SPAM Pekanbaru-Kampar, Airnya Bisa Langsung Diminum
Kamis, 19/11/2020 - 21:27:07 WIB
  Gubri Syamsuar saat melakukan groundbreaking SPAM Pekanbaru - Kampar  

PEKANBARU- Pernah nonton film-film Hollywood saat aktor atau aktrisnya dengan santai minum air langsung dari kran-kran di wastafel rumah maupun kantor? Nah, jika tak ada aral melintang pada tahun 2022 mendatang juga bisa dilakukan oleh sebagian warga kota Pekanbaru maupun Kabupaten Kampar. Tak perlu lagi merebus air atau beli air galon yang siap minum. Tapi, cukup dari kran air di rumah masing-masing.

Pembangunan program air bersih langsung minum itu bakal segera dimulai dan Gubernur Riau Drs H Syamsuar, MSi, sudah melakukan groundbreaking Kamis (19/11/2020) ini, di Hotel Pangeran, Pekanbaru. Proyek dengan nama Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Lintas Pekanbaru-Kampar itu jika nanti selesai bakal memiliki kapasitas 1.000 liter per-detik.

Dijadwalkan pembangunannya dimulai pada awal 2021 mendatang dan akan dialirkan ke rumah masyarakat pada tahun 2022 mendatang. Untuk tahap pertama, wilayah Pekanbaru Selatan dan sebagian Kampar seperti Kecamatan Tambang, akan mendapat kesempatan awal menikmati air bersih siap minum itu.

Kegiatan ground breaking yang dilakukan Gubernur Syamsuar itu juga dihadiri oleh Badan Pengembangan Infrastruktur Wilayah, Kementrian PUPR, Agus Rudianto, Walikota Pekanbaru Firdaus, dan Bupati Kampar, Catur Sugeng.

“SPAM lintas Kota Pekanbaru dan Kabupaten Kampar ini, akan melayani lebih kurang sebanyak 624.000 jiwa atau 102.000 sambungan rumah, di 5 Kecamatan yaitu, Tampan, Bukit Raya, Marpoyan Damai, Siak Hulu dan Tambang, dengan peningkatan cakupan layanan 0% di area pelayanan menajdi 5%, dimana sumber air bakunya dari Sungai Kampar,” ujar Gubri.

Dijelaskan Gubri, Investasi ini investasi mandiri yang seluruh pembiayaanya dari Capex perusahaan PT PP Tirta Riau, yang sebelumnya dimiliki oleh konsorsium PPMV. Investasi yang digelontorkan oleh PT PP Tirta Riau sebesar Rp2 Triliun.

“SPAM ini direncanakan melayani kebutuhan pelangan Rumah Tangga maupun non rumah tangga, yang memiliki output standar kualitas air minum sampai ke pelanggan dengan pelayanan 24 jam perhari. Pengerjaan akan dimulai pada tahun 2021 dan akan mengalir sampai dirumah pelanggan secara bertahap mulai tahun 2022,” kata Gubri.

Berdasarkan data, yang dilansir matapers program SPAM ini merupakan terobosan bisnis dari BUMD Pemprov Riau, PT Sarana Pembangunan Riau (SPR). BUMD yang memiliki core bisnis perminyakan itu, telah menggagas proyek air bersih langsung bisa diminum ini sejak tahun 2018 lalu. Dan, setelah melalui berbagai lobi-lobi bisnis, akhirnya proyek yang murni didanai swasta atau tidak memberatkan APBN maupun APBD ini, bisa direalisasikan dengan menggandeng investor asing dan wasta nasional. (adv)

 
Berita Terbaru >>
Fraksi NasDem Konsisten Kawal RUU Perlindungan PRT dan Masyarakat Hukum Adat
Tim Verifikasi Dewan Pers Sambangi Kantor Pusat Jaringan Media Siber Indonesia
Anggota DPRD Minta Food Court Jalan Arifin Achmad Pekanbaru Ditutup
Netizen Protes Jokowi Tak Singgung Banjir Kalimantan Selatan
Gubernur Nyatakan Kalsel Status Tanggap Darurat
5 Jenis Dress yang Wajib Dimiliki Wanita Usia 40-an
Hari Ini 86 Tenaga Kesehatan Kota Pekanbaru Jalani Vaksinasi
Dr M Ikhsan Ungkap Cara Bikin Pekanbaru Bebas Banjir
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi
Ade Hartati, Legislator Pertama penerima Vaksin Di Prov Riau
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com