Rabu, 20 Januari 2021
Follow:
Home
Gubernur Riau Pertama Dapat Gelar Pahlawan Nasional, Gubri: Jadikan Motivasi
Selasa, 10/11/2020 - 21:55:17 WIB
  Upacara peringatan hari Pahlawan   

PEKANBARU- Gubernur Riau Pertama di Provinsi Riau MR Sutan Mohammad (SM) Amin Nasution dianugerahi gelar pahlawan nasional oleh Presiden Joko Widodo pada peringatan Hari Pahlawan 2020, 10 November ini.

Aas nama Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) dan seluruh rakyat Riau, Gubernur Riau Syamsuar mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Presiden RI Joko Widodo yang telah memberikan gelar pahlawan kepada tokoh Riau.

Gubri mendoakan semoga beliau mendapat tempat yang sebaik-baiknya di sisi Allah SWT dan mudah-mudahan perjuangannya dinilai oleh Allah SWT sebagai amal ibadah. Ia berharap para generasi muda saat ini dapat mencontoh dan meneladani serta menjadikan motivasi dari almarhum yang telah berjuang untuk negara dan bangsa.

"Semoga tentunya dan masih banyak lagi putra-putri Riau yang bisa berjuang dengan semangat kebangsaan sekaligus juga membuat sesuatu yang berarti bagi kemajuan bangsa dan negara khususnya juga di Provinsi Riau," katanya usai menggelar Upacara Bendera Ziarah Nasional di Taman Makam Pahlawan Kusuma Dharma Pekanbaru, Selasa (10/11/2020).

MR SM Amin Nasution yang lahir di Aceh pada 22 Februari 1904 merupakan salah satu tokoh yang memiliki peran penting dalam sejarah pergerakan Sumpah Pemuda.

Ia juga merupakan Gubernur pertama Provinsi Riau dan Sumatera Utara. Sutan Mohammad Amin Nasution menjabat Gubernur Riau pertama dengan masa jabatan dari 5 Maret 1958 hingga 6 Januari 1960. 

Gubernur Syamsuar juga mengungkapkan Peringatan Hari Pahlawan tahun ini berbeda dengan sebelumnya, karena pada kondisi sekarang masih dalam suasana Covid-19. "Karena ini, kami berharap melalui peringatan Hari Pahlawan kepada kita semua dengan adanya musibah pandemi Covid-19 dan musibah bencana banjir tentunya akan lahir pahlawan-pahlawan kemanusiaan," katanya sesudah melaksanakan upacara.

Tumbuhnya pahlawan-pahlawan kemanusiaan ini, kata Gubri, tentunya akan berkorban untuk berjuang membantu saudara-saudara yang terdampak dengan pandemi Covid-19.

Kemudian juga berjuang bagi saudara-saudara kita yang terdampak dengan beberapa bencana di tanah air ini. Baik itu bencana banjir, bencana tanah longsor, bencana meletusnya gunung merapi, dan semua bencana yang ada di tanah air.

 "Dengan semangat Hari Pahlawan yang ditujukan berkorban untuk bangsa dan negara, sehingga menjadikan Indonesia maju," ungkapnya.

Pihaknya juga mengajak kepada kompenen masyarakat Riau untuk berjuang dalam rangka memperingati Hari Pahlawan ini dengan berbagai pembangunan serta bergotong royong saling membantu dalam menghadapai bencana dan berusaha melakukan pemulihan ekonomi nasional,.

Turut hadir mengikuti upacara ziarah nasional Hari Pahlawan 2020, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Yan Prana Jaya, serta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau. (adv)


 
Berita Terbaru >>
Fraksi NasDem Konsisten Kawal RUU Perlindungan PRT dan Masyarakat Hukum Adat
Tim Verifikasi Dewan Pers Sambangi Kantor Pusat Jaringan Media Siber Indonesia
Anggota DPRD Minta Food Court Jalan Arifin Achmad Pekanbaru Ditutup
Netizen Protes Jokowi Tak Singgung Banjir Kalimantan Selatan
Gubernur Nyatakan Kalsel Status Tanggap Darurat
5 Jenis Dress yang Wajib Dimiliki Wanita Usia 40-an
Hari Ini 86 Tenaga Kesehatan Kota Pekanbaru Jalani Vaksinasi
Dr M Ikhsan Ungkap Cara Bikin Pekanbaru Bebas Banjir
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi
Ade Hartati, Legislator Pertama penerima Vaksin Di Prov Riau
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com