Selasa, 02 Maret 2021
Follow:
Home
Selama Masa Pandemi Covid-19 Pembuatan Paspor di Siak Menurun
Rabu, 21/10/2020 - 19:34:45 WIB
 
 
SIAK - Dampak masa pandemi Covid-19 ini sangat dirasakan betul oleh kantor Imigrasi Siak, Riau. Pembuatan paspor menurun drastis sehingga membuat penerimaan negara bukan pajak (PNBP) juga ikut menurun.

Kepala Kantor Imigrasi kelas II TPI Siak, Anak Agung Bagus Narayana melalui Kasi Teknologi Informasi dan Komunikasi Keimigrasian, Zikri Satriansyah juga tidak menampik hal tersebut. Sebab, tidak hanya di Siak, kantor Imigrasi di daerah lain juga akan merasakan dampak wabah virus Corona ini.

"Pandemi Covid-19 ini sangat berdampak dengan jumlah pemohon pembuatan paspor, baik yang baru ataupun pergantian. Kalau biasanya sehari ini bisa 40 permohonan yang masuk, saat ini satu Minggu cuma ada sekitar 7 orang. Dan itu tidak juga selalu ada," kata Zikri, Rabu (21/10/2020).

Menurut Zikri, penurunan pembuatan paspor ini karena masih banyak orang yang menahan diri untuk bepergian ke luar negeri karena khawatir banyak negara yang belum membuka diri untuk warga asing, dan juga maskapai penerbangan yang menerapkan aturan sangat ketat.

"Bahkan dengan kemudahan pembuatan paspor saat ini yang kita kemas dalam program easy paspor, juga tidak menjamin banyak orang yang datang membuat paspor. Ya kadang sehari itu 1 atau 2 orang. Biasanya yang ramai mengurus paspor dari Siak ini untuk berangkat umrah, sekarangkan tidak bisa umrah," ujarnya.

Layanan easy paspor ini maksudnya, kata Zikri, pihak imigrasi akan datang ke lembaga, perkantoran dan instansi lainnya yang sudah mengajukan permohonan untuk pembuatan paspor lebih dari 20 orang.

"Misalnya dari Komunitas Sepeda mengajukan permohonan pembuatan paspor untuk anggotanya sebanyak 40 orang, lalu dalam suratnya mereka juga sudah menentukan waktu dan tempat, maka kami akan datang ke sana untuk melayani pembuatan paspor ini, dengan syarat di tempat mereka ada layanan internet," kata Zikri.

Zikri juga menjelaskan, pada awal Pandemi Covid-19 lalu, kantor Imigrasi memang menutup pelayanan pembuatan paspor, sekitar bulan April 2020. Hanya untuk yang sifatnya darurat, baru paspor bisa dikeluarkan.

"Misalnya ada yang sakit, dan harus berobat ke luar negeri. Itu kita datangi rumahnya dan kita cek kondisinya apakah benar-benar membutuhkan penanganan serius, lalu kita cetakan paspornya. Tapi sejak Juli kemarin, pelayanan paspor sudah dibuka kembali," katanya. ***/adv

 
Berita Terbaru >>
Kapolresta Pekanbaru Hadiri Pembukaan MTQ Kel Cinta Raja Sail
Dra Hj Liswarti Ketua LPM Wanita Pertama di Pekanbaru Riau
10 Mahasiswa S3 Ilmu Hukum UIR Ikuti Ujian Kualifikasi Candidat Doktor
Teguh Santosa Bicara Masa Depan Media Siber
YLBH, Bhakti ,Keadilan, Terima, Penghargaan, dari ,Menkumham RI
Dewan Pers Nyatakan Verfak JMSI Sumut Lulus Faktual
Pulihkan,Kondisi,Sungai,DKKP,Agendakan,Festival,Sungai,Sail
Pulihkan Kondisi Sungai, DKKP Agendakan Festival Sungai Sail
Pascasarjana UIR Safari Akademik ke Pemkab Meranti
Upaya Poktan Maju Sejahtera Tingkatkan Ekonomi Masyarakat
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com