Rabu, 20 Januari 2021
Follow:
Home
Vaksin Sinovac Hari Ini Tiba di Riau, Prioritas Nakes
Selasa, 05/01/2021 - 07:22:05 WIB
  Mimi Nazir
 

PEKANBARU - Vaksin sinovac yang mulai didistribusikan pemerintah pusat ke Riau akan tiba di Pekanbaru hari ini, Selasa (5/1/2021) subuh, sebanyak 20 ribu dosis.

Sesuai perencanaan, vaksin sinovac tersebut nantinya terlebih dahulu akan disimpan di Instalasi Farmasi, dekat Rumah Sakit Tentara, jalan Kesehatan, Kecamatan Senapelan, Kota Pekanbaru, Riau.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, vaksin sinovac tersebut tidak serta merta langsung digunakan. Melainkan terlebih dahulu, wajib mendapatkan Emergency Use Authorization (EUA)dari Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM).

"EUA adalah izin yang dikeluarkan untuk penggunaan metode atau produk medis tertentu. Izin ini digunakan untuk mendeteksi, mencegah, atau mengobati penyakit dalam keadaan darurat, dalam hal ini pandemi Covid-19," kata Mimi.

Menurut Mimi, setelah itu vaksin baru didistribusikan, untuk digunakan. Vaksin sinovac tahap pertama ini diprioritaskan untuk Sumber Daya Manusia  (SDM) yang bekerja difasilitas kesehatan.

Tidak hanya dokter, perawat atau bidan yang bekerja di fasilitas kesehatan pemerintah, swasta, TNI atau Polri. Tetapi termasuk sopir ambulan, cleaning service termasuk security yang bekerja di fasilitas kesehatan.

"Jadi tahap pertama Januari-April vaksin diprioritaskan untuk sumber daya manusia yang bekerja dalam fasilitas kesehatan. Apakah itu, tim medis, sucurity, cleaning service, sopir ambulan," papar Mimi.

Sedangkan untuk tahap kedua, yang diperkirakan datang pada April-Maret 2022 nanti, barulah diperuntukan untuk masyarakat luas.***

 
Berita Terbaru >>
Fraksi NasDem Konsisten Kawal RUU Perlindungan PRT dan Masyarakat Hukum Adat
Tim Verifikasi Dewan Pers Sambangi Kantor Pusat Jaringan Media Siber Indonesia
Anggota DPRD Minta Food Court Jalan Arifin Achmad Pekanbaru Ditutup
Netizen Protes Jokowi Tak Singgung Banjir Kalimantan Selatan
Gubernur Nyatakan Kalsel Status Tanggap Darurat
5 Jenis Dress yang Wajib Dimiliki Wanita Usia 40-an
Hari Ini 86 Tenaga Kesehatan Kota Pekanbaru Jalani Vaksinasi
Dr M Ikhsan Ungkap Cara Bikin Pekanbaru Bebas Banjir
Membuka Pintu Rezeki di Waktu Pagi
Ade Hartati, Legislator Pertama penerima Vaksin Di Prov Riau
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com