Jum'at, 16 April 2021
Follow:
Home
Pascasarjana UIR Safari Akademik ke Pemkab Meranti
Senin, 22/02/2021 - 22:45:49 WIB
 
Suasana Safari Akademik Program Pascasarjana Universitas Islam Riau dengan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti di Selatpanjang pada Senin pagi (22/02 2021).
 
SELATPANJANG-  Program Pascasarjana (PPS) Universitas Islam Riau kembali melakukan safari akademik ke daerah-daerah. Kali ini giliran Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti. Dipimpin Direktur PPs Prof Dr H Yusri Munaf SH MHum, PPs melakukan pertemuan dengan Pelaksana Tugas harian Bupati Kepulaun Meranti Dr H Kamsol MM beserta jajaran di Aula Kantor Bupati, Selatpanjang, Senin pagi (23/02 2021).

Dalam safari akademik itu, Yusri Munaf didampingi Wakil Direktur Bidang Akademik Assoc Prof Dr H Rahyunir Rauf MSi, Ketua Program Studi Magister Ilmu Administrasi Dr H Moris Adidi Yogia MSi, Ketua Program Studi Ilmu Hukum Dr Surizki Febrianto SH MH, Ketua Unit Pengelola Jurnal dan Publikasi Ilmiah Dr Rendi Prayuda MSi.

Yusri Munaf dkk. tiba di Kota Selantpanjang pada Minggu siang (21/02 2020). Setelah bermalam di salah satu hotel di kota penghasil Sagu itu, mantan Dekan Fisipol UIR ini menyempatkan waktu melihat perkembangan pembangunan Selatpanjang yang selama 10 tahun dipimpin Bupati Irwan Nasir. Safari Tim PPs ini sekaligus kunjungan balasan atas lawatan serupa dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti pada pertengahan Juli 2020 ke Universitas Islam Riau dalam rangka penanda-tanganan Memory of Understanding.

Pertemuan Tim PPs bersama Plh. Bupati Kamsol berjalan dalam suasana santai. Sekali-kali diselingi dengan canda dan tawa. Kepada bupati, Yusri Munaf menyebut bahwa kedatangannya ke Selatpanjang dalam rangka menindak-lanjuti MoU yang diteken bersama Bupati Irwan Nasir pada Juli 2020. Kesepahaman yang tertuang dalam MoU, kata Yusri, menitik-beratkan kerjasama pada bidang Pendidikan, Penelitian, Pengabdian kepada Masyarakat dan Dakwah Islamiyah yang di dunia akademik dikenal dengan istilah Catur Dharma Perguruan Tinggi. 

‘’Universitas lain menggunakan istilah Tri Dharma Perguruan Tinggi, tetapi UIR memakai Catur Dharma dengan penambahan pada Dakwah Islamiyah,’’ ujar Yusri Munaf.

Menurut Yusri, kerjasama ini sangat strategis dalam rangka memacu akselerasi pembangunan di Kepulauan Meranti apalagi pembangunan di kawasan ini dalam satu dasawarna terakhir mengalami peningkatan yang signifikan. 

‘’Pembangunan di Kepulauan Meranti sangat pesat, karenanya dirasa perlu diimbangi dengan kemampuan sumberdaya aparatur pemerintahan apalagi daerahnya berbatasan langsung dengan negara tetangga. Pascasarjana UIR siap membantu Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti meningkatkan SDM Aparatur Sipil Negara agar pembangunan yang sedang berjalan dapat terus dipelihara dan ditingkatkan untuk mencapai kesejahteraan masyarakat,’’ tutur Yusri Munaf.

Hal senada dipertegas Wakil Direktur I Bidang Akademik Assoc Prof Dr H Rahyunir Rauf MSi. Disampaikan, realisasi catur dharma dapat dilakukan dalam beberapa bentuk kegiatan, antara lain peningkatan kapasitas pendidikan sumberdaya manusia jajaran ASN, kajian-kajian staregis lainnya, juga pengabdian kepada masyarakat dimana muara akhirnya, berkontribusi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat dan akselerasi pembangunan di Kepulauan Meranti. 

‘’Kami membuka diri untuk semua ASN Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti bila ingin mengirim pegawainya studi lanjut di PPs UIR. Tujuh program studi yang sekarang ada di pascasarjana telah terakreditasi BAN PT, beberapa diantaranya sudah terakreditasi A. Termasuk terakreditasi international dari lembaga ASIC yang berpusat di Landon,’’ tambah KaProdi Morris Adidi Yogia.

Plh. Bupati Kepulauan Meranti Dr Kamsol, menyambut baik kedatangan Prof Yusri Munaf dan tim PPs. Baginya UIR merupakan salah satu partner yang sangat potensial di bidang akademik dalam mempercepat pembangunan sumberdaya manusia di lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Meranti. Ia berharap banyak hasil-hasil kajian dan pengabdian kepada masyarakat yang dapat dikerjasamakan dengan PPs UIR.

‘’Kajian-kajian ini akan berdampak terhadap percepatan pembangunan daerah terutama dalam menentukan arah kebijakan pembangunan di Kabupaten Kepulauan Meranti,’’ ujar Kamsol. (relis)

 
Berita Terbaru >>
Vaksinasi Covid-19 Malam Hari Diprioritaskan untuk Lansia
PPKM Diberlakukan Wako Minta Pemetaan RW Zona Merah Tuntas
Rumah Yatim Riau Bagikan Paket Hdangan Buka Puasa
Ketum APJP Migas Sampaikan Peluang Bisnis Blok Rokan ke Wali Kota
Sekretaris Umum PP Muhammadiyah Diusulkan Jadi Kemendikbudristek
Akun Resmi Fanpage Facebook Ustadz Abdul Somad Raib
Manfaatkan Lahan Tidur, Gubernur Riau Panen Labu dan Jagung
Ketum JMSI Buka Rakerda Pengda JMSI Aceh
Rayakan Harlah ke-75, Muslimat NU Riau Bagikan Ratusan Paket Sembako
Jusuf Kalla dan Sandiaga Uno Jadi Pembicara Pada Dare to be a Leader and Entrepereneur Puskar UIR
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com