Jum'at, 24 09 2021
Follow:
Home
Kembangkan Kuliner Khas Daerah
PKM PM UMRI Gelar Pelatihan Pengolahan Nugget di Pulau Cinta
Selasa, 31/08/2021 - 15:05:18 WIB
 
 


PEKANBARU,KLIKRIAU.COM - Potensi wisata alam di Provinsi Riau, khususnya di Kabupaten Kampar, seakan tak ada habisnya untuk dijelajahi. Banyaknya wisata alam dengan keindahan yang menakjubkan, menjadikan daerah yang dikenal dengan sebutan 'Serambi Mekah' ini diburu wisatawan.

Salah satu objek wisata yang boleh dibilang baru digali adalah Pantai Pulau Cinta Teluk Kenidai. Potensi keindahan wisata alamnya tak perlu diragukan lagi pesonanya. Destinasi tepi sungai dengan pantai berpasir menghadirkan beragam pesona menarik.

Dan untuk melengkapi kekayaan destinasi wisata yang satu ini, perlu ditunjang dengan makanan khas yang bisa dijadikan sebagai 'buah tangan' para wisatawan nantinya. Selain itu, ini juga akan bisa mengangkat kesejahteraan masyarakat setempat.

Untuk menjadikan masyarakat sekitar Pulau Cinta yang ada di Desa Teluk Kenidai agar lebih sejahtera dari segi ekonomi, pengetahuan, serta pertumbuhan gizi, maka mahasiswa Universitas Muhammadiyah (UMRI) yang tergabung dalam kelompok 
Program Kreatifitas Mahasiswa Pengabdian Masyarakat (PKM PM), menggelar pelatihan pengolahan inovasi  kuliner Nugget Ikan Gabus (Channa striata).

Ketua PKM PM UMRI, Ibnu syukron kepada media ini mengatakan, kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk melatih ibu-ibu PKK Desa Teluk Kenidai yang ada di lokasi wisata Pulau Cinta bagaimana membuat Nugget modern untuk dikembangkan menjadi usaha kuliner.

"Tujuan utamanya adalah  mengembangkan produk Nugget ikan gabus (Channa striata) yang difortifikasi dengan rebung yang diberi nama brand "Chapinta” (C.striata dari pulau cinta)”. Inovasi nugget ikan Gabus rebung ini  diharapkan dapat sebagai sumber protein sekaligus sumber komponen gizi lainnya yang dibutuhkan tubuh. Produk ini diproduksi dengan higienis, packaging yang lebih modern sehingga nantinya bisa menjadi oleh-oleh khas Pulau Cinta atau produk makanan yang juga bisa langsung dinikmati oleh para wisatawan," terang Ibnu, Selasa (31/8/2021).

Dikatakannya, dengan kegiatan pemberdayaan ini diharapkan dapat  meningkatkan semangat ibu-ibu PKK untuk meningkatkan perekonomian keluarganya, serta menunjang mengembangkan wisata Pulau Cinta  untuk semakin dikenal masyarakat luas. 

"Manfaat dari program ini adalah memberikan celah bagi masyarakat Desa  Teluk Kenidai untuk meningkatkan pendapatan, serta  memperluas pengetahuan terhadap produk olahan ikan gabus dan rebung. Masyarakat tempatan juga akan mengetahui bagaimana cara pengolahan yang higienis, packaging yang menarik, produk yang tahan lama, serta pemasaran yang lebih luas," tukasnya.

Menurut Ibnu, potensi pengembangan nugget chapinta ini di rasa baik karena lokasi pemasaran yang strategis di lokasi Pulau Cinta yang sudah menjadi pilihan masyarakat Kota Pekanbaru untuk liburan.(sier)

 
Berita Terbaru >>
Rekomendasi 5 Mesin Cuci Terbaik Murah 1 Jutaan Rupiah
Pelabuhan Dumai, Menyeruak di Keheningan
Jaksa Prima Jelaskan Peran JPN dalam Penyelamatan Aset Negara
Didukung Dispar Riau, Forwata Bakal Lakukan Vaksin di Tempat Wisata
PT Timah Tbk, Bantu Atlet Babel Menuju PON XX Papua
Wako Pekanbaru Diminta Batalkan Kegiatan Penanaman Tanaman Porang di Rumbai Barat
Tim Davis Indonesia Mengharumkan Nama Bangsa dan Diharapkan Membuat Kejutan
IKA UNPAD, Targetkan Vaksinasi 20 Ribu Disabilitas
Bertemu Menpora Amali, Ketum PELTI Laporkan Persiapan Tim Indonesia Ikut Davis Cup 2021
Kisruh di Balik Kenaikan Tarif Bandara Soekarno - Hatta Masih Diselidiki
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com