Senin, 08 08 2022
Follow:
Home
Gelar Pelatihan Bela Negara, Kesbangpol Gandeng KBPP Polri
Kamis, 24/03/2022 - 22:37:00 WIB
 
 
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,KLIKRIAU.COM - Dalam meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) tangguh dan unggul, Badan Kesatuan Bangsa Dan Politik (Kesbangpol) Kota Pekanabru, mengelar agenda kegiatan Pelatihan Bela Negara.

Kegiatan yang berlangsung selama tiga hari, mulai 22-24 Maret 2022, secara resmi dibuka oleh Walikota Pekanbaru, DR.H.Firdaus ST MT di Hotel Resty Menara Pekanbaru, Selasa (22/3/2022).

Kepala Badan Kesbangpol Kota Pekanbaru, Zulfahmi Adrian dalam sabutannya mengatakan, kegiatan Pelatihan Bela Negara, pihaknya mengandeng Keluarga Besar Putra dan Putri (KBPP) Polri Kota Pekanbaru.

"Selama tiga hari kita melakukan agenda kegiatan Pelatihan Bela Negara dengan tema 'Semangat Bela Negara Meningkatkan SDM Tangguh dan Unggul'," kata Zulfami.

Dia menjelaskan, kegiatan ini juga merupakan amanat Undang-undang yang telah ditetapkan. Dan pelaksanaannya diawali dengan pembukaan pelatihan, seminar kebangsaan oleh para narasumber diantaranya Walikota Pekanbaru DR. H. Firdaus ST MT.

Dalam pemahaman ideologi ini  menghadirkan mantan terorisme yang sudah menjalani hukum dan kembali kejalan yang benar serta melakukan pendidikan pendalaman lapangan yang dipusatkan di Taman Rekreasi Alam Mayang, Pekanbaru.

"Tentunya dalam kegiatan, KBPP Polri Pekanbaru mampu membawa generasi yang lebih paham lagi dalam menjaga kesatuan berbangsa, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) yang tangguh dan unggul," terangnya.

Ditempat yang sama, Walikota Pekanbaru, DR. H. Firdaus ST MT, mendapat dua tugas yakni, membuka secara resmi dan memberikan pemaparan materi mengenai nilai kebangsaan itu sendiri.

Usai membuka secara resmi kegiatan Pelatihan Bela Negara, dengan berbagai pemaparan materi, intinya mengajak semua peserta dapat berperan aktif positif untuk kebangkitan bangsa yang lebih baik lagi kedepan.

"Saya yakin, Peserta Pelatihan Bela Negara yang melibatkan organisasi internal KBPP Polri Pekanbaru, mampu mewujudkan nilai kebangsaan yang lebih baik lagi, dengan catatan tidak lari dari pada koredor norma negara itu sendiri," ulas Firdaus dihadapan 50 orang peserta KBPP Polri Pekanbaru.

Dirinya menambahkan, untuk mewujudkan semua ini, beberapa pandangan sudah dilakukan oleh pendiri bangsa ini.

"Kita bisa mencontohnya, bahkan meneruskan rumus mereka demi tegaknya kedaulatan bangsa dalam bernegara. Jadilah generasi yang tangguh dan unggul demi tegaknya marwah bangsa dimata internasional," tegasnya.

Terpisah, Ketua KBPP Polri Pekanbaru, Nofrizal menjelaskan, bahwa agenda yang dilakukan Kesbangpol, bukan sekedar untuk gagah-gagahan semata, namun lebih mengarah kepada, saling mencintai sesama anggota, kedisiplinan dan memahami apa pentingnya organisasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Ya, walaupun kegiatan ini terkesan santai, tapi dilakukan dengan serius yang diawali dengan perkenalan latihan berbaris, sikap sempurna dan kedisiplinan semua anggota," ungkap Wakil Ketua DPRD kota Pekanbaru dari fraksi PAN ini.

Selanjutnya, dalam pendidikan pendalaman lapangan yang dilakukan di Taman Rekreasi Alam Mayang Pekanbaru, semuanya tetap semangat dan antusias untuk mengikutinya.

Dikatanya, sebelum agenda pendidikan pendalam lapangan yang saat ini dilakukan, dalam pemaparan salah satu mantan teroris juga berbagi cerita dan ada makna yang dapat diambil, bahwa prilaku melawan negara lebih banyak negatifnya, ketimbang positifnya, bahkan selalu membawa mala petaka bagi kehidupan sendiri maupun keluarga.

"Saya menyimpulkan, pemaparan yang disampaikan salah seorang mantan teroris, mengandung makna yang cukup luas untuk menjadi renungan bagi KBPP Polri itu sendiri," ujarnya.

Selain itu, Nofrizal menyampaikan agenda kegiatan dilanjutkan pada malam harinya. Bersamaan renungan dan arahan para instruktur diwarnai dengan api unggun sebagai simbol kebersama ibarat api yang berkobar.

Persoalan aparat penegak hukum dalam hal ini kepolisian, tidak menapikan ada plus minusnya. "Maka dari itulah, kami akan terus memperbaiki imej yang buruk menjadi bagus dan yang sudah bagus terus ditingkatkan lebih baik lagi," tutupnya.(sir/rls)

 
Berita Terbaru >>
Nawazir Kadir: PT BSP Ibarat Beli Kijang Seharga Alphard
PT SS dan PT SPS Teken MoU dengan Koperasi Kemenkopolhukam
SMPN 10 Pekanbaru Sembelih 2 Ekor Sapi dan 1 Ekor Kambing
Pembelajaran Penting dari Kapolres Sampang Soal Kompetensi Wartawan
Diduga Palsukan Surat Tanah, Mantan Camat Tenayan Raya Dipolisikan
Tak Kirim Kafilah di MTQ XL Rohil, Irwan Nasir Sayangkan Kebijakan Bupati Meranti
Konferprov PWI Riau, JMSI Riau Dukung DR H Syafriadi SH MH
Denny : Mafia Hukum dan Oligarki Korup Kalimantan Selatan
Beredar Polling 2 Pengusaha, Mardani Maming jadi Sosok Pilihan Warga
Rudal Yanto Hadir Ramaikan Gerai Kuliner Kota Pekanbaru
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com