Selasa, 17 Mei 2022
Follow:
Home
Dosen UNRI Gelar Pengabdian Masyarakat
Warga Tangkerang Tengah Diajar Bikin Hand Sanitizer Alami
Jumat, 08/04/2022 - 15:31:23 WIB
  Warga Tangkerang Tengah antusias ikuti pelatihan pembuatan hand sanitizer.  
 
PEKANBARU, KLIKRIAU.COM - Asah keterampilan ibu rumah tangga, beberapa dosen UNRI Gelar pengabdian masyarakat. Mengusung tema “Pelatihan pembuatan hand sanitizer dari daun sirih dan jeruk nipis”, 5 tenaga pendidik di UNRI tersebut mengajarkan cara membuat hand sanitizer alami dari daun sirih dan jeruk nipis di lingkungan RT 05/RW 18, Kelurahan Tangkerang Tengah, Kecamatan Marpoyan Damai Kota, Pekanbaru, pada 20 November 2021 lalu. 

Menurut Ketua Kelompok, Sri Rezeki Muria, ST.,MP.,MSc, diambilnya tema ini seiring masih merebaknya covid-19. Disini, kata Sri, para ibu rumah tangga dilatih untuk membuat hand sanitizer dengan cara yang praktis, ekonomis serta menggunakan alat dan bahan yang sederhana.

"Alhamdulillah, giat kami ini disambut antusias ibu-ibu rumah tangga. Mereka sangat bersemangat mengikuti pelatihan yang kami gelar. Hanya dengan merebus daun sirih dan menambahkan jeruk nipis, sudah bisa didapatkan hand sanitizer yang alami. Mereka tidak mesti membeli hand sanitizer lagi dan bisa menghemat pengeluaran disaat ekonomi kita yang yang menurun akhir-akhir ini. Dan bagi yang alergi alkohol juga lebih aman menggunakan hand sanitizer alami ini," jelas Sri Rezeki didampingi empat orang anggotanya, Ir Rozanna Sri Irianty MSi, Dra Nirwana Hamzah MT, Dra Khairat MSi, an Dra Silvia Reni Yenti MSi.

Dikatakan Sri Rezeki, kegiatan pengabdian masyarakat ini menjadi salah satu dari butir Tri Dharma Perguruan Tinggi. Hal ini sangat terasa manfaatnya bagi dosen yang melaksanakannya maupun bagi masyarakat tempatan dimana kegiatan dilaksanakan.  

Ini merupakan kesempatan bagi kami  untuk berbagi pengetahuan dan teknologi sederhana secara langsung ke masyarakat. Sebaliknya bagi masyarakat mendapat pengetahuan maupun teknologi sederhana yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. 

Adapun tujuan dari penyuluhan dan pelatihan adalah memberikan  pengetahuan kepada masyarakat tentang pembuatan hand sanitizer yang mudah dan murah dari bahan-bahan alami yang ada di lingkungan sendiri.

"Hand sanitizer dapat dibuat dengan mudah menggunakan proses yang praktis dan dengan alat serta bahan yang sederhana. Disini kita langsung memberi pelatihan kepada masyarakat tahapan-tahapan pembuatan hand sanitizer alami. Kita harapkan masyarakat dapat menerapkan untuk penggunaan sendiri. Naik itu digunakan untuk kesehatan, maupun dijual untuk menambah penghasilan keluarga," pungkasnya.(sir)

 
Berita Terbaru >>
Melipat Sarung
Soal Pj Walikota Pekanbaru, Ini Kata Fauzi Kadir!
Pengungsi Rohingya Ditampung di Bukit Raya
Teguh Santosa Siap Kolaborasi dengan Megawati Soekarnoputri
Gelar Halal Bihalal dengan Insan Pers, Apical dan Asian Agri Kenalkan Program SMILE
Penyeludupan 8 Kg Sabu Digagalkan Petugas Gabungan di Bengkalis
Pemko Pekanbaru akan Verifikasi Tiga Perusahaan Pendaftar Lelang Pasar Wisata
FIMRI Berharap Kemendagri Menunjuk Pj Wako Pekanbaru dan Kampar Sesuai Ekspektasi Warga
Silaturahmi dengan Insan Pers, Penasehat Gubri: Jaga Kondusifitas Daerah
Selama Libur Idul Fitri 1443 H, Layanan Disdukcapil Pekanbaru Tutup
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com