Jumat, 14 Juni 2024
Follow:
Home
Tidak Ada Jokowi dan Gibran dalam Rakernas PDIP, Ini Alasannya
Jumat, 24/Mei/2024 - 14:15:55 WIB
  PDIP tidak mengundang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka, dalam Rakernas V yang berlangsung di Jakarta pada Jumat hingga Minggu (24-26/5). (ANT)
 
TERKAIT:
   
 
KLIKRIAU (JAKARTA) - PDI Perjuangan (PDIP) tidak mengundang Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Terpilih Pilpres 2024, Gibran Rakabuming Raka, dalam Rapat Kerja Nasional (Rakernas) V yang berlangsung di Jakarta pada Jumat hingga Minggu (24-26/5).

Ketua Steering Committee (SC) Rakernas V PDIP, Djarot Saiful Hidayat, mengungkapkan bahwa keputusan tersebut diambil karena PDIP ingin menjaga integritas ideologis partai. "PDIP merupakan partai yang ideologis untuk menyuarakan kebenaran dan melaksanakan konstitusi. Ideologi itu dipegang kokoh oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri," kata Djarot saat konferensi pers di arena Rakernas V PDIP, Jakarta, Jumat (24/5).

Djarot menjelaskan bahwa setiap kader PDIP harus memegang teguh ideologi partai yang diajarkan oleh Megawati. "Ideologi itulah yang digembleng oleh beliau (Megawati) kepada seluruh kader-kadernya," lanjut Djarot.

Lebih lanjut, Djarot menegaskan bahwa anggota partai yang melanggar konstitusi, etika, dan moral sudah bukan menjadi bagian dari keluarga besar PDIP. "Apabila ada di antara anggota partai yang melanggar konstitusi, etika, dan moral, maka yang bersangkutan sudah bukan menjadi bagian dari keluarga besar PDIP karena sudah bertentangan dengan AD/ART partai," tegasnya.

Djarot juga menjelaskan bahwa undangan Rakernas kali ini ditujukan khusus untuk internal partai dan tokoh-tokoh yang berjuang untuk menegakkan demokrasi. "Yang diundang ini adalah untuk internal partai, yang diundang adalah sahabat-sahabat, para cendekiawan, para akademisi, para civil society, budayawan masyarakat pro demokrasi yang betul-betul berjuang untuk menegakkan demokrasi yang jujur, adil, yang konstitusional, yang bermartabat," ujar Djarot.

Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah menambahkan bahwa Rakernas V PDIP dihadiri oleh 2.160 kader dari tingkat pusat hingga pengurus cabang. Pada agenda pembukaan, jumlah peserta meningkat menjadi 4.859 orang karena undangan dari pihak eksternal.

 "Selain peserta rakernas, juga terdiri dari unsur-unsur undangan partai. Mereka terdiri pimpinan partai politik pendukung Ganjar-Mahfud, kemudian menteri-menteri dari PDI Perjuangan, menteri-menteri sahabat, para senior partai, tokoh-tokoh nasional, relawan pendukung Ganjar-Mahfud, para aktivis civil society, kemudian perjuangan demokrasi, dan para cendekiawan," jelas Basarah.

Rakernas V PDIP mengusung tema "Satyam Eva Jayate, Kebenaran Pasti Menang" dengan subtema "Kekuatan Kesatuan Rakyat, Jalan Kebenaran yang Berjaya". Acara ini berlangsung di Beach City International Stadium Ancol, Jakarta.(*)

Sumber : Antaranews

 
Berita Terbaru >>
BPDPKS Gelar Wokshop UKMK tema Oleofood berbahan Sawit di Solo
Eks Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan jadi Advisor SEVIMA
Tingkatkan Keandalan Operasi Migas, PHR Terapkan Aplikasi I-TRUST
Menteri ESDM Didampingi Kepala SKK Migas Kunjungi PT Saipem Indonesia dan Baker Hughes
Indosat dan Google Cloud Kerjasama Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI
Indosat dan Google Cloud Kerjasama Siapkan Pengalaman Digital Berbasis AI
Polda Sulteng Segera Tuntaskan Kasus Dugaan Pengancaman dan Pemerasan SSF
Eks Simpatisan Jamaah Islamiyah Nyatakan Ikrar Setia Kepada NKRI di Poso
Kajati Riau Apresiasi Penyediaan Rumah Restorative Justice Disetiap Desa
SKK Migas dan KKKS Sukses Tekan Penurunan Produksi Minyak Nasional dengan Program Pengeboran Masif
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com