PELALAWAN (klikriau.com) - Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Pelalawan menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan, terutama saat musim ke">
Jum'at, 18 Juni 2021
Follow:
Home
Dishutbun Ingatkan Kades Siaga Karlahut
Selasa, 08/03/2016 - 14:40:31 WIB
  Proses pemadaman api di lahan gambut/net
 
PELALAWAN (klikriau.com) - Antisipasi Kebakaran Lahan dan Hutan (Karlahut), Dinas Kehutanan dan Perkebunan (Dishutbun) Kabupaten Pelalawan menghimbau agar masyarakat tidak melakukan pembakaran lahan, terutama saat musim kering.

Apalagi saat ini, Pemerintah Provinsi Riau sudah menetapkan status Siaga Darurat dalam hal penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan beberapa waktu lalu.

Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Pelalawan, Ir Hambali, menyebutkan pihaknya terus berupaya meminimalisir potensi-potensi terjadinya Karlahut di wilayah Kabupaten Pelalawan.

Salah satu cara adalah mengingatkan seluruh Kepala Desa (Kades) dapat menekankan RT dan RW untuk menyampaikan kepada masyarakat untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar.

"Kita akan terus berupaya untuk meminimalisir adanya potensi-potensi terjadinya Karlahut, salah satunya Kades dapat menekankan kepada para RT dan RW untuk menyampaikan mengingatkan masyarakat," tandasnya.

Tidak sampai disitu saja, Hambali menyebutkan, Kades harus segera memberikan laporan secepatnya, jika ada ditemukan titik api di desanya. Sehingga dengan demikian, maka potensi-potensi kian meluasnya masalah Karlahut ini dapat diminimalisir dan dicegah.

Tak hanya itu, sambungnya, pihaknya juga mendapat bantuan dari APBN berupa 3 unit ministake untuk  Kelompok Tani Peduli Api di tiga desa yakni Desa Kuala Tolam, Kelurahan Kerinci Barat dan Tanjung Kuyuk, Pangkalanlesung.

"Kita juga kini intens melakukan patroli ke semua daerah di Kabupaten Pelalawan. Tujuannya selain bisa meminimalisir karhutla juga bisa secepatnya menangani kebakaran sehingga tidak sampai meluas," pungkasnya.*Klik-R3

 
Berita Terbaru >>
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
Elektabilitas AHY dan Demokrat Naik Urutan Kedua
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com