Jum'at, 18 Juni 2021
Follow:
Home
Advertorial Pemkab Pelalawan
Menuju Pelalawan Sehat, Diskes Maksimalkan Pelayanan
Minggu, 22/05/2016 - 14:32:28 WIB
 
 
PELALAWAN (klikriau.com) - Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus menggesa 7 Program strategis menuju Pelalawan EMAS tahun 2020 mendatang, termasuk Pelalawan Sehat yang dijalankan oleh Dinas Kesehatan (Diskes).

Upaya dalam memberikan yang pelayanan yang terbaik dalam bidang kesehatan terhadap masyarakat memang bukanlah hal yang gampang, tidak semudah membalikkan telapak tangan.



Meski demikian, Diskes optimis dan menggesa agar dapat mewujudkan Pelalawan Sehat. Berbagai program dilakukan, termasuk turun langsung hingga tingkat kelurahan untuk memastikan program kesehatan terlaksana.

Sebab dalam mewujudkan Pelalawan Sehat, dibutuhkan keseriusan serta keuletan seluruh tenaga medis dan tenaga teknis dalam mewujudkan cita-cita mulia semua sektor tersebut, terutama pemerintahan.

Pemerintah Daerah juga terus menambah sejumlah fasilitas yang memadai berupa melengkapi kebutuhan peralatan dan tenaga medis dan membangun sejumlah fasilitas kesehatan baik itu dirumah sakit dan Puskesmas yang dapat memberikan pelayanan 24 jam Non stop.

Selain itu pelayanan juga terus ditingkatkan dengan melenggkapi sejumlah dokter specialis dan peralatan medis yang dibutuhkan di tempat-tempat pelayanan itu.



Kepala Diskes Pelalawan dr.Endid Pratiknyo menyebutkan, pihaknya terus berupaya memaksimalkan pelayanan kesehatan masyarakat dengan membangun Puskesmas yang belum terbangun, sekaligus melengkapi fasilitasnya berupa tenaga medis serta peralatan medisnya agar jasa pelayanan kesehatan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.

Sebagaimana diketahui, ditengah rasionalisasi, Pemerintah Kabupaten Pelalawan terus berupaya memaksimalkan pelayanan, salah satunya dengan cara menambah jumlah Pegawai Tidak Tetap (PTT) sebanyak 100 orang lebih yang terdiri dari tenaga medis dan dokter.

PTT yang baru diterima melalui seleksi itu nantinya akan dibagi ke sejumlah desa dan kelurahan yang masih membutuhkan tenaga teknis, sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa tercapai maksimal.

Tidak sampai disitu saja, baru-baru ini Diskes juga membagikan 7 unit ambulance Puskesmas Keliling (Puskel) yang diperuntukkan untuk beberapa kecamatan, sehingga untuk daerah yang sulit untuk menjangkau puskesmas bisa menggunakan ambulance puskel.

"Kita akan terus berupaya memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat Pelalawan, program yang sedang kita laksanakan saat ini adalah menambah jumlah PTT tenaga medis dan dokter serta membagikan ambulance puskel," terang Endid.



Dengan berjalannya program tersebut, pemerintah Pelalawan berharap pelayanan bisa dirasakan oleh masyarakat, terutama masyarakat yang kurang mampu.

Pada awal tahun 2016 ini, Pemerintah juga menambah satu pelayanan khusus yang ada di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Selasih yakni pelayanan Hemodialisa, dimana selama ini masyarakat yang melakukan cuci darah ke RSUD Arifin Ahmad, mulai tahun ini sudah bisa mendapatkan pelayanan di Kerinci.

Sebagaimana diketahui sebanyak 5 unit alat pencuci darah sudah berada di RSUD Selasih yang saat ini sudah memiliki status Badan Layanan Umum Daerah (BLUD).

Sementara pada tahun 2015 lalu, Diskes juga telah membangun fasilitas yang dibutuhkan masyarakat diantarannya pembangunan 3 unit Puskesmas Rawat Inap di kecamatan Panggalan Lesung, Kecamatan Langgam dan Sorek Dua kecamatan Pangkalan Kuras dan 8 Puskesmas Pembantu (Pustu) untuk delapan desa.

"Dengan demikian maka upaya kita untuk memberikan pelayan kesehatan serta mengurangi angka kematian ibu dan anak juga akan terwujud setelah fasilitas kesehatan di Pelalawan sudah berjalan maksimal," ungkap Endid.

Terkait Pelaksanaan program pemerintah pusat terhadap Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) sebelumnya sudah dilaksanakan sosialisasi sebelumnya dengan mengundang semua pihak mulai dari Camat, Kepala Puskesmas, pimpinan Rumah Sakit Swasta, Rumah Sakit Umum dan yang lainya sebelum diberlakukannya program BPJS.

Saat melakukan sosialisasi, Kepala Dinas Kesehatan dr Endid Romo Pratikno menyampaikan bahwa sebelum adanya program BPJS masyarakat bisa menggunakan KTP untk berobat atau meminta pelayanan kesehatan secara gratis dalam bentuk pelayanan primer di setiap puskesmas.

Sebelumnya Bupati Pelalawan HM.Harris menyampaikan bahwa, program Pelalawan Sehat bertujuan untuk menciptakan masyarakat Pelalawan lebih sehat, serta untuk mengatasi berbagai penyakit ditengah masyarakat, maka masyarakat harus ikut serta menjaga dan mengantisipasi berbagai penyakit yang bisa merebak ditengah masyarakat.

"Melalui program Pelalawan sehat ini, mari sama-sama kita wujudkan masyarakat yang sehat dengan menerapkan pola hidup sehat serta menciptakan lingkungan sehat seperti membudayakan aktifitas gotong-royong serta upaya lainnya. Dengan demikian, maka masyarakat Pelalawan yang sehat benar-benar dapat terwujudkan demi kemajuan pembangunan negeri ini," ujarnya beberapa waktu lalu.(Advertorial/Ali)

 
Berita Terbaru >>
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
Elektabilitas AHY dan Demokrat Naik Urutan Kedua
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com