Minggu, 20 Juni 2021
Follow:
Home
Mendagri Ingatkan Jangan Buka Lahan dengan Membakar
Minggu, 24/07/2016 - 09:05:52 WIB
 
 
PANGKALAN KERINCI - Munculnya api dilahan harus dipadamkan sejak awal, meskipun api tersebut masih kecil. Sebab, dapat mencegah terjadinya kebakaran besar di kebun atau di lahan.

Demikian diharapkan Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo saat melihat pelaksanaan dan kesiapan program Desa Bebas Api  PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP), Sabtu (23/7). Kunjungan Tjahjo ini disambut dengan atraksi air oleh tim Fire Emergency Response Team (FERT) Fire Fighter RAPP.

"Sudah dibuktikan oleh tim FERT RAPP, sekecil apapun api harus dipadamkan sejak awal. Harusnya begitu," ucapnya.

Ia mengatakan program Desa Bebas Api sangat baik. Sebab, mengajak masyarakat untuk tidak membuka lahan tanpa bakar merupakan langkah awal untuk mewujudkan Riau bebas dari asap.

Menurutnya, tidak hanya kewajiban pemerintah untuk menjaga lingkungan, tetapi juga perusahaan dan masyarakat.

"Kerjasama tersebut merupakan bentuk keseimbangan antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat dalam melindungi alam," ujarnya.

Selain melihat kesiapan  program Desa Bebas Api, ia juga menyaksikan investasi pembangunan Paper Machine 3 yang merupakan strategi hilirisasi agar perusahaan dapat memiliki daya saing secara global.

"Saya berharap dengan pembangunan Paper Machine 3 ini, semakin banyak masyarakat Riau, khususnya Pelalawan yang direkrut," harapnya.

Presiden Direktur APRIL, Tony Wenas mengatakan desa yang termasuk dalam program Desa Bebas Api merupakan desa yang mengalami Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) besar hingga kecil. Tahun 2016,  sebanyak 18 desa telah tergabung dalam program yang telah dijalankan sejak 2014 ini.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk mencegah Karhutla melalui program Desa Bebas Api dan Masyarakat Siaga Api (Fire Awarness Community-red). Program Desa Bebas Api yang telah diselenggarakan sejak tahun 2014 ini awalnya hanya diikuti oleh 5 desa, kemudian di tahun 2016 berkembang menjadi 18 desa dari 5 kabupaten dengan insentif sebesar Rp 100 juta bagi desa yang berhasil menjaga lahannya dari kebakaran," jelas Rudi.

Sementara itu, Tjahjo juga melakukan penanaman Eukaliptus di halaman RGE Technology Center (RTC) yang didampingi Direktur RGE Anderson Tanoto, Presiden Direktur APRIL Tony Wenas, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman, Wakil Bupati Pelalawan Zardewan, Kapolres Pelalawan AKBP Ari Wibowo  SIK, dan Ketua Dewan Perwakiln Daerah (DPRD) Pelalawan Nasarudin.**/rilis

 
Berita Terbaru >>
Support Atlet SOIna ke Rusia, Gubernur Riau Ikut Main Floorball
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com