Minggu, 20 Juni 2021
Follow:
Home
Aparat Temukan Pondok dan Kayu Olahan di Suaka Margasatwa Kerumutan
Rabu, 01/02/2017 - 15:40:14 WIB
 
 
PELALAWAN - Aparat mendapati  adanya aktivitas ilegal loging di dalam hutan Suaka Margasatwa  Kerumutan, Kelurahan Teluk Meranti, Kabupaten Pelalawan. Buktinya, ditemukan pondok dan kayu olahan di sana.

Temuan ini saat dilakukan operasi besar-besaran dalam kawasan hutan Suaka Margasatwa Kerumutan, menyusuri rimba Kerumutan. Operasi digelar sejak Senin (30/1/2017)..

Penelusuran di hari pertama, petugas menemukan lokasi ilegal loging di empat lokasi, diantaranya dekat Jembatan Galoga yang berjarak empat kilometer. Di sana didapati kayu yang sudah dirakit sebanyak 15 kubik.

Berlanjut, 10 kilometer dari sana ditemukan lagi delapan kubik kayu yang hendak dihanyutkan ke sungai sebagai sarana transportasi. Di situ polisi juga mendapati empat gubuk yang diduga dipakai untuk tempat istirahat.

"Di dua lokasi lainnya di sana kita temukan juga total 10 kubik kayu hasil olahan. Empat lokasi yang kita telusuri berada di dekat kawasan Jembatan Galoga," ungkap Kapolres Pelalawan, AKBP Ari Wibowo, Rabu (1/2/2017).

Berlanjut di hari kedua, petugas fokus memburu pelaku pembalakan liar dengan menggandeng anggota BBKSDA. Tim gabungan yang bergerak melewati sungai dengan menggunakan Pompong ini membuahkan hasil.

"Kita temukan tumpukan kayu olahan sebanyak tiga kubik, ada juga lima gubuk yang tak berpenghuni yang diduga jadi tempat istirahat dan makan para pelaku pembalakan liar. Gubuk ini kita rusak agar tidak bisa digunakan lagi," tegas Ari Wibowo.

Ia menjelaskan, modus pembalakan liar ini ditenggarai dengan mengolah batang pohon yang sudah ditebang didalam hutan. Setelahnya mereka memanfaatkan aliran sungai kecil untuk menghanyutkan kayu ini menuju lokasi pelansiran kayu.**/suk

 
Berita Terbaru >>
Support Atlet SOIna ke Rusia, Gubernur Riau Ikut Main Floorball
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com