Selasa, 11 Mei 2021
Follow:
Home
Hilang 2000 Tahun, Taman Kota Petra Ditemukan Kembali
Jumat, 27/10/2017 - 16:22:09 WIB
 
 
AMMAN - Taman Petra yang terlupakan selama hampir 2.000 tahun setelah hilang, ditemukan kembali. Penemuan ini mengungkap sistem irigasi dan penyimpanan air yang mengejutkan.

Bersama dengan sistem yang bisa digunakan untuk memelihara taman yang terletak di gurun pasir itu, penggalian juga menemukan sisa-sisa air mancur, telaga, dan kolam renang.

Terletak di wilayah barat daya gurun pasir Jordania, ibu kota Kerajaan Nabatea itu tampaknya dulu memiliki pepohonan, perkebunan kurma dan anggur, serta sebuah kolam renang dengan lebar 44 meter.

Leigh-Ann Bedal, guru besar di Penn State Behrend College, mengatakan, taman Petra merupakan simbol zaman keemasan Kerajaan Nabatea.

"Kolam itu merupakan titik akhir dari sebuah akuaduk yang membawa air dari salah satu mata air, yaitu Ein Brak, yang terletak di perbukitan di luar kota Petra," kata Leigh-Ann kepada harian Haaretz.

"Arsitektur luar biasa kolam itu dan taman yang kesukaan rakyat Nabatea sukses menyediakan air bersih bagi pusat kota," kata Leigh-Ann.

Sistem pengairan ini tak hanya membuat rakyat Petra memiliki cadangan air  yang mencukupi kebutuhan mereka, tetapi juga lebih dari cukup untuk digunakan bercocok tanam.

Penggalian ini juga menemukan sebuah lereng yang membawa air turun hingga 10 meter dan terowongan bawah tanah yang digunakan untuk mengendalikan level air pada musim hujan.

Para pakar mengatakan, Petra tak mungkin bisa berkembang tanpa manajemen pengairan yang canggih karena lokasi tempat Petra berada hanya menerima curah hujan sebanyak 10-15 sentimeter tiap tahun.

Pada masa kejayaannya, Petra terletak di antara persimpangan jalur perdagangan penting yang menghubungkan Laut Merah dengan Damaskus dan Teluk Persia dengan Gaza.

Petra menjadi tempat persinggahan para pedagang yang menyediakan persediaan makanan, penginapan, dan yang terpenting adalah air bersih.

Pada masa kini, Petra dikenal dengan istana yang dipahat ke tebing dan menjadi lokasi adegan pemuncak film petualangan Indiana Jones and the Last Crusade.***

Sumber: Kompas.Com

 
Berita Terbaru >>
Bantu Sesama Lewat Stand Ramadan Keliling 86
Rumah Zakat Gandeng JMSI Kepri Gelar Santunan dan Buka Puasa Dengan Warga
Dihadiri Ketua Komnas HAM, JMSI Banten Dikukuhkan Ketum Teguh Santosa
Begini Kronologi Dana 5 Miliar Milik Bank BTN Manado Dibobol
JMSI dan Bank Indonesia KpW Aceh Satuni Anak Yatim Keluarga Wartawan
Menhan Salurkan Bantuan PT Priamanaya Energi Untuk Keluarga Korban KRI Nanggala-402
Film Tjoet Nja Dhien Diputar Ulang di Sejumlah Bioskop Tanah Air
Pertama di Pekanbaru Masjid Paripurna Nurul Ibadah Miliki Koperasi Syariah
UAS Diserang Isue Soal Kado Pernikahan, Ini Klarifikasinya
Teguh Santosa Minta Amerika Serikat Hentikan Blokade ke Kuba
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com