Minggu, 20 Juni 2021
Follow:
Home
Menuju Smart City
Pemkab Pelalawan Tingkatkan Pelayanan Publik yang Cepat dan Efektif
Selasa, 31/10/2017 - 21:00:21 WIB
  Bupati Pelalawan, HM Harris menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) Gerakan Menuju 100 Smart City beberapa waktu lalu di Kota Makasar
 
PELALAWAN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pelalawan terus berbenah dalam melakukan peningkatan pelayanan publik. Salah satunya dengan menjadikan teknologi informasi sebagai basis perwujudan pelayanan publik yang cepat, efektif dan efisien.

Untuk itu Pemkab menggelar bimbingan teknis (Bimtek) penyusunan Masterplan Pelalawan Smart City ke IV bagi aparatur pemerintahan, yang diwaliki oleh Dewan dan Tim Pelaksana Smart City yang terdiri dari Kepala OPD, Camat, BPJS Kesehatan dan pihak Perusahaan Swasta seperti BRI serta rumah sakit.

Bimtek yang dilaksanakan selama dua hari tersebut berlangsung dari tanggal 30 s/d 31 Oktober 2017, ditutup secara langsung oleh Bupati Pelalawan HM Harris bertempat di aula Bappeda Lantai II Pangkalan Kerinci, Selasa (31/10/2017).Hasil gambar untuk lambang kabupaten pelalawan

Saat memberikan sambutan Bupati Pelalawan HM Harris mengatakan bahwa Pemkab Pelalawan berkomitmen memberikan pelayanan yang berkualitas, cepat dan efisien kepada masyarakat dengan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Ia mengucapkan berterima kasih kepada pembimbing yang sudah melakukan pendampingan Bimtek yang keempat ini, dalam rangka penyusunan Masterplan Kota Cerdas.

"Dalam era kemajuan teknologi informasi saat ini, kita jangan sampai ketinggalan zaman. Kita justru akan manfaatkan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik," ujar Bupati.

Aplikasi online memang sudah mulai diterapkan di Kabupaten Pelalawan dari tahun sebelumnya, tapi belum dapat dikatakan smart. Apalagi ditahun 2016 Kepemimpinan Harris membawa visi yakni inovasi menuju Pelalawan emas, dengan mengejar ketertinggalan saat ditahun 2011.

"Kegiatan Bimtek ini dilakukan untuk menunjang Program Pemerintah Nasional untuk bersaing secara global menuju Indonesia emas 2045," kata Harris.

1510985270-Wartanesia-pelalawan smart city 2Sementara itu, perwakilan Kemenkominfo Republik Indonesia Kepala Program Pemilu Elektronik BPPT RI Andrari Grahitandaru menambahkan bahwa wacana penerapan Smart City yang dicanangkan Pemerintah Pusat yang diterapakan oleh setiap daerah yang ada di Indonesia, sudah termasuk Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN), dimana diwajibkan daerah mewujudkan Smart City salah satunya di Kabupaten Pelalawan.

Bimbingan teknis ke IV ini yang digelar, untuk merumuskan dalam dokumen dengan menghasilkan Masterplan perancangan kota cerdas. Target penyusunan Masterplan Smart City dikatakan berhasil dan baik serta dapat dikatakan Kabupaten Pelalawan dapat mengikuti dan patuh dalam mengikuti perkembangan teknologi informasi.

"Dengan serius Kabupaten Pelalawan menjalan program Nawacita Presiden Republik Indonesia Ir Joko Widodo, dijadwalkan tanggal 15 November mendatang Bupati HM Harris akan diundang untuk menampilkan presentasi Quick Win Smart City yakni pelayanan perizinan dan pelayanan kesehatan. Disamping itu juga perubahan Birokrasi internal pemerintahan dimana perubahan inovasi dan teknologi informasi agar menghasilkan masyarakat yang aman, sehat, nyaman dan makmur. Kedepan nantinya sistem ini kan menghasilkan pelayanan pemerintahan yang Akuntable dan transparan," tutupnya.

Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Program Pemilu Elektronik BPPT RI Andrari Grahitandaru yang juga pembimbing penyusunan Masterplant Smart City Pelalawan, Wakil Komisi I DPRD Pelalawan H Abdullah, Asisten Bidang Pembangunan Atmonadi, Kadiskominfo Pelalawan H Fakhrizal, Para Kepala OPD yang juga merupakan Dewan Smart City Pelalawan, Para Camat, Kepala Cabang BRI Pangkalan Kerinci, Perwakilan Kemenkominfo Jusuf A Simatupang dan Heri Sutrisno, para ASN peserta Bimtek , rekan pers, media online serta cetak.

Smart City
Pelalawan sendiri terpilih satu di antara 25 daerah yang menerapkan Smart City dari Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Penerapakan smart city ini menjadi impian Bupati Pelalawan HM Harris sejak menandatangani nota kesepahaman (memorandum of understanding/MoU) beberapa waktu lalu di Makassar.

Kemudian dilanjutkan dengan beberapa pelatihan yang dilaksanakan pemerintah kabupaten melalui Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Pelalawan pekan lalu.

"Dari awal kita sudah sangat siap melaksanakan Smart City ini. Makanya saya perintahkan Dinas Kominfo segera mengejar ke kementerian terkait," ujar Bupati Harris

Tujuan strategis implementasi smart city adalah untuk dapat membentuk dan menerapkan suatu kota yang aman, nyaman, terkendali dan mempermudah akses bagi warganya. Kemudian memperkuat daya saing kota dalam hal perekonomian, sosial dan teknologi. Sehingga dapat menunjang kota di dalam dimensi sosial (keamanan), ekonomi (daya saing), teknologi dan lingkungan (kenyamanan).

Dalam konsep itu, tahap awal penerapan kota cerdas tersebut, pihaknya akan memulai dari sistem pemerintah dulu. Setelah itu akan dilanjutkan dengan memberikan akses jaringan internet gratis kepada masyarakat Kabupaten Pelalawan.

Tahap awal penerapan Smart City, Pemkab Pelalawan membenahi dari sistem pemerintahan dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat.***/saf/Adv

 
Berita Terbaru >>
Support Atlet SOIna ke Rusia, Gubernur Riau Ikut Main Floorball
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com