Selasa, 20 Oktober 2020
Follow:
Home
Presiden Minta Selama Asian Games Jangan Ada Karhutla
Kamis, 26/07/2018 - 15:50:05 WIB
 
 

JAKARTA - Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko saat menerima Gubernur Riau  Arsyadjuliandi Rachman dan beberapa kepala daerah lainnya yang wilayahnya kerap terjadi Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) menyampaikan amanat dari Presiden RI Jokowi, yang meminta selama pelaksanaan Asian Games jangan sampai terjadi Karhutla.

Gubernur Riau dalam pertemuan ini didampingi Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau Edwar Sanger. Pada pada kesempatan ini, hadir pula Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (Men-LHK) Siti Nurbaya, Kepala Badan Restorasi Gambut (BRG) Nazir Foead, Sekretaris Utama (Sestama) Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Dodi Ruswandi, Kepala Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Pusat Dwi Kora.

Menurut Gubri, amanat presiden itu tidak hanya ditujukan untuk Riau. Tetapi seluruh provinsi penyumbang hotspot yang ada di wilayah Sumatera dan Kalimantan. Sejumlah perwakilan kepala daerah pun hadir diantaranya seperti Wagub Sumbar, Sekda Sumut, Sumsel dihadiri Kepala BPBD dan Kepala DLHK, masing-masing menyatakan komitmennya melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutla, termasuk Gubernur Riau.

"Presiden melalui kepala stafnya pak Moeldoko minta agar jangan sampai ada Karhutla yang dapat menggagu pelaksanaan Asian Games. Apalagi Presiden sudah menjamin bahwa tidak akan ada asap selama Asian Games berlangsung," kata Edwar Sanger, usai pertemuan.

Karena itu papar Sanger, Moeldoko meminta komitmen yang disampaikan masing-masing daerah dalam peran dan upaya pemerintah daerah memaksimalkan dalam melakukan pencegahan dan penanggulangan Karhutla di wilayah masing-masing dapat dimaksimalkan.

Apalagi saat ini masih dalam musim kemarau. Apa bila tidak ditangani sungguh-sungguh, maka potensi terjadinya Karhutla dikhawatirkan akan dapat mengganggu pelaksana Asian Games

"Pak Gubernur Riau langsung menyampaikan komitmennya dalam upaya pencegahan dan penanggulangan Karhutla. Tanpa ada even Asian Games, pak Gubernur memang dari dulu menekankan jangan sampai ada Karhutla, buktinya setiap ada terdeteksi kita selalu cepat memadamkannya," ungkap Sanger.

Meski begitu, sinergitas yang terus dilakukan pemerintah bersama tim Satgas Karhutla Riau mendapatkan apresiasi langsung dari Moeldoko dan Men-LHK Siti Nurbaya.

"Tapi, sinergitas oleh Satgas Karhutla Riau telah dianggap berhasil melakukan penanggulangan Karhutla. Karena sistem sudah berjalan, baik pemerintah, TNI, Polri, manggala agni termasuk dunia usaha seperti dilakukan Sinar Mas, diapresiasi," ujar Sanger. **/mc

 
Berita Terbaru >>
Panen Jagung di Palas, Gubri: Riau Kini Menuju Swasembada Pangan
Ketua JMSI Riau Dampingi Gubri Panen Jagung di Palas
SAH Jadi Ketua DPD Nasdem Pekanbaru, Abu Bakar Sidik Terima SK dari DPP
Kasus BBM Palsu dan Penyuapan PT AMNI 'Ngendap', Pengacara Rina Winda Kembali Buat Surat Aduan
BBKSDA Riau Pasang Perangkap Beruang di Perusahaan Sawit
Bersedekahlah, Pahalanya Seperti Mata Air yang Terus Mengalir
Alfedri - Husni Siap Lanjutkan Pembangunan Kabupaten Siak
Aulia, Hafidzah 30 Juz Terima Bantuan Pendidikan dari Rumah Yatim
SAH Kukuhkan Tim Relawan Mak-Mak di Tualang
Bantuan Pendidikan Rumah Yatim untuk Laila, Anak Yatim Berprestasi di Pekanbaru
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com