Selasa, 11 Mei 2021
Follow:
Home
Ngemil Malam Tapi Takut Gemuk? Ini Solusinya
Jumat, 21/12/2018 - 14:47:55 WIB
 
 
RASA lapar kadang sering menganggu saat malam datang, meski sore sebelumnya sudah makan yang cukup. Akhirnya ngemil jadi pilihan. Kehadiran ojek daring dengan jasa pesan-antar makanan mempermudah urusan ngemil ini. Tetapi kebanyakan pilihannya adalah junk food dan tentunya tidak sehat.

Sebetulnya ada kiat untuk menghindari bertambahnya lemak karena kebiasaan ngemil malam ini, tentu dengan pilihan makanan yang bersahabat. Ada baiknya menggeser pilihan snack malam yang terkesan 'berat' dengan pilihan makanan berikut:

1. Telur rebus

Telur rebus hanya mengandung sekitar 70 kalori. Makanan rendah lemak satu ini aman dan tak akan menghancurkan program diet. Jika tak ingin repot merebus telur tiap malam, telur dapat direbus saat siang dan disimpan di kulkas.

Kreasi telur lain yang lebih enak adalah scrambled egg alias telur orak-arik. Mungkin perlu usaha lebih untuk menyantapnya. Namun sajian telur satu ini akan semakin kaya nutrisi seperti karbohidrat, protein dan kalsium jika diberi susu.

2. Pisang dan selai kacang

Pisang dan selai kacang merupakan pasangan sempurna sebagai snack. Tubuh memperoleh protein dari selai kacang dan potasium serta magnesium dari pisang. Kedua mineral ini berfungsi sebagai relaksan otot. Potong pisang, kemudian lubangi bagian tengahnya. Setelah itu isi dengan selai kacang.

3. Cokelat hitam

Manis tapi tak berbahaya. Dark chocolate alias cokelat hitam memiliki rasa manis-pahit yang menyenangkan sekaligus manfaat buat tubuh. Cukup sepotong kecil maka rasa lapar bisa terpuaskan.

4. Susu dan sereal

Siapa bilang susu dan sereal hanya cocok dikonsumsi untuk sarapan. Keduanya juga bisa dijadikan santapan tengah malam. Pilih sereal yang rendah gula, kaya akan serat dan protein. Serat akan membuat perut terasa kenyang lebih lama. Oatmeal pun baik dikonsumsi saat malam. Kini banyak tersedia oatmeal instan yang bisa dikonsumsi hanya dengan menambahkan air panas tanpa harus dimasak di atas kompor.

5. Greek yoghurt

Yoghurt ada banyak jenis tetapi jika mencari yang terbaik maka pilihan jatuh pada greek yoghurt. Yoghurt ini mengandung lebih banyak protein dan beberapa di antaranya mengandung bakteri yang baik untuk usus. Yoghurt bisa langsung dikonsumsi atau dijadikan sebagai topping santapan malam seperti roti whole grain dan kentang rebus.

6. Keju dan biskuit biji-bijian

Selain yoghurt, keju juga bisa jadi kawan tengah malam saat lapar. Padukan dengan biskuit biji-bijian sehingga bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat kompleks dan protein. Makan dengan perlahan agar pencernaan tak terganggu. Makan perlahan juga menstimulasi otak untuk memberikan sinyal saat sudah merasa cukup atau kenyang.***/CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Bantu Sesama Lewat Stand Ramadan Keliling 86
Rumah Zakat Gandeng JMSI Kepri Gelar Santunan dan Buka Puasa Dengan Warga
Dihadiri Ketua Komnas HAM, JMSI Banten Dikukuhkan Ketum Teguh Santosa
Begini Kronologi Dana 5 Miliar Milik Bank BTN Manado Dibobol
JMSI dan Bank Indonesia KpW Aceh Satuni Anak Yatim Keluarga Wartawan
Menhan Salurkan Bantuan PT Priamanaya Energi Untuk Keluarga Korban KRI Nanggala-402
Film Tjoet Nja Dhien Diputar Ulang di Sejumlah Bioskop Tanah Air
Pertama di Pekanbaru Masjid Paripurna Nurul Ibadah Miliki Koperasi Syariah
UAS Diserang Isue Soal Kado Pernikahan, Ini Klarifikasinya
Teguh Santosa Minta Amerika Serikat Hentikan Blokade ke Kuba
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com