Kamis, 06 08 2020
Follow:
Home
Jamur Mampu Menjaga Kesehatan Otak
Senin, 01/04/2019 - 10:04:31 WIB
 
 

PEKANBARU - Ternyata mengkomsumsi jamur mampu membantu menjaga kesehatan otak dan mengurangi risiko penurunan fungsi otak.

Dilansir dari Straits Times, peneliti dari National University of Singapore (NUS) melibatkan sebanyak enam ratus partisipan berusia 60 tahun ke atas. Studi dilakukan mulai 2011 dan berakhir pada 2017.

Partisipan diminta untuk melaporkan konsumsi jamur dalam diet harian. Umumnya, mereka mengonsumsi enam jenis jamur seperti jamur emas, jamur kerang, jamur shiitake, jamur kancing putih, jamur kering, dan jamur kaleng.

Peneliti tak lupa untuk mengontrol konsumsi makanan lain yang turut berkorelasi dengan fungsi otak seperti sayuran, buah, dan kacang-kacangan.

Partisipan diminta untuk menjalani tes yang didesain untuk mengukur kemampuan kognitif seperti tes memori dan seberapa cepat mereka memproses informasi.

Hasilnya, partisipan yang mengonsumsi jamur dua kali sepekan atau setengah piring jamur per sajian (setara dengan 300 gram) berisiko 57 persen lebih sedikit untuk mengalami penurunan fungsi kognitif ringan dibanding mereka yang mengonsumsi kurang dari satu porsi per pekan.

Penurunan fungsi kognitif ringan merupakan tahap pertengahan antara penurunan fungsi kognitif normal. Penurunan ini berhubungan dengan penuaan dan demensia yang lebih serius dan tak memiliki obat.

Irwin Cheah, peneliti senior di Departemen Biokimia NUS mengatakan, manfaat ini bisa diperoleh tubuh berkat kandungan ergothioneine yang tinggi pada jamur. Komponen ini berfungsi sebagai antioksidan dan anti-inflamasi sehingga sel otak terlindungi dari kerusakan.

"Manusia tidak dapat mensintesis senyawa ini, tetapi senyawa dapat diperoleh dari sumber makanan," kata Cheah.

Selain jamur, kacang-kacangan juga diketahui mengandung senyawa ini. Hanya saja, jamur memiliki kandungan ergothioneine paling tinggi.**/CNNIndonesia

 
Berita Terbaru >>
Komunitas Siap 86 'Berburu Kupon' Untuk Dhuafa dan Anak Yatim
Pengurus Masjid Al Mukminin Siapkan Kerangkeng Penumbangan Sapi
Fatahillah: Semua Stake Holder Harus Berkolaborasi Cegah Dampak Negatif Gawai Terhadap Anak
Ketua MPR Dorong Stimulus Industri Pers Segera Dieksekusi
Doni Monardo: Perkantoran Harus Taati Pembagian Kerja 2 Shift
Atasi Krisis Ganda Asap dan Covid-19 Karhutla Harus Dicegah
Idul Adha 1441 H, Penyembelihan Hewan Qurban di DPRD Riau Meningkat
PDI Perjuangan Diminta Hati-hati Tetapkan Cakada di Daerah
Puncak Perayaan HPI Riau Ditandai dengan Bincang Sastra dan Baca Puisi Lintas Generasi.
Makacha, Usaha Bakery Rumahan Mak Acha yang Ingin Mendunia
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com