Jum'at, 04 Desember 2020
Follow:
Home
Ketika Umar Bin Khattab Menegur Orang yang Malas Bekerja
Minggu, 29/12/2019 - 19:04:21 WIB
  Tangan di atas lebih baik dari tangan di bawah
 

PEKANBARU - Khalifah Umar bin Khattab dikenal sebagai pemimpin yang zuhud. Meski demikian, dia  juga seorang pemimpin yang bekerja keras. Karena itu dia akan menegur jika ada umat Islam yang tidak bekerja untuk mencari rezeki atau malas.

Sebagai salah satu contoh, Umar pernah menegur salah seorang sahabat bernama Abu Hurairah yang juga dikenal sebagai sahabat yang zuhud karena tidak bekerja. Dalam buku Umar bin Khattab Sang Legenda karya Yahya bin Yazid Al-Hukmi Al-Faifi terbitan Medhatama Resfyan (2012), dituliskan suatu ketika, Umar bin Kattab bertemu dengan Abu Hurairah.

Lalu Umar Bin Khattab bertanya kepadanya, "Apakah engkau tidak bekerja?" Abu Hurairah menjawab, "Saya tidak mau bekerja."

Umar lalu berkata, "Ada yang melamar pekerjaan, orangnya lebih baik darimu, namanya Nabi Yusuf AS."

Lalu, Umar membacakan salah satu ayat dalam Alquran yang menguatkan perkataannya itu: "Berkata Yusuf, "Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir). Sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan." (QS: Yusuf (12):55).

Suatu saat Khalifah Umar bin Khatab pergi ke zaman melihat keadaan rakyatnya. Khalifah melewati sebuah masjid. Di dalamnya terlihat sekelompok anak muda sedang asyik beribadah. Diantaranya terlihat sangat khusyuk beribadah. Lalu Khalifah Umarpun masuk ke masjid tersebut.

“ Siapakah kalian,” tanya sahabat Khalifah Umar. Salah satu diantaranya kemudian menjawab,”Kami adalah sekelompok anak muda yang berserah diri (bertawakal) kepada Allah. Sepanjang hari kami habiskan waktu untuk berdzikir, berdoa dan melakukan sholat sunat.”

Mendengar jawaban tersebut Khalifah Umar berkata dengan lantang,” Hai anak muda keluarlah dari masjid dan bekerjalah! Jangan kalian menjadi pembohong. Harap tahu saja Allah tidak akan menghujankan emas dari langit.”

Mendengar bentakan Khalifah Umar, para pemuda tersebut menjadi terkejut. Padahal sebelumnya berharap akan mendapatkan pujian dari Khalifah.

"Wahai Amirul Mukminin, bukankah Allah memberi kecukupan kepada orang yang berserah diri dan Dia pulalah yang berjanji untuk memberikan jaminan rizki kepada makhluk-Nya?" ungkap salah seorang diantara pemuda itu berargumentasi.

Kata Umar, kalian bukan tipe orang yang berserah diri kepada Allah.Orang yang berserah diri kepada Allah adalah orang yang rajin bekerja untuk menggali potensi alam dengan tanpa meninggalkan doa kepada-Nya.

Kemudian Umar berkata,” Hai umat manusia carilah rizki di muka bumi, jangan kalian menjadi beban orang lain. Bekerjalah secara baik dan benar karana bekerja dengan seperti itu banyak dibutuhkan. Bila diantara kalian yang pandai berdagang, maka jadilah pedagang yang handal."

Umar melanjutkan, "Janganlah ada diantara kalian orang yang duduk bermalasan sambil berdoa,” Ya Allah berikanlah aku rizki yang halal, yang banyak yang membawa berkah.” Ingatlah Allah tidak akan menurunkan hujan emas dari langit. Allah memberikan rizki kepada umat manusia dengan disertai usaha, tidak datang begitu saja. Sesuai dengan usahanyalah seseorang akan memperoleh rizki.”

Selanjutnya Khalifah Umar mengutip jawaban Rasulullah SAW ketika ditanya oleh seorang sahabat. “Ya Rasulullah amal manakah yang terbaik ?” jawab beliau,” Bekerjalah dengan tangannya sendiri.”

Bahkan lebih jauh Rasulullah memerintahkan umatnya untuk bekerja dan mencukupi kebutuhan sendiri.” Tangan di atas lebih baik dari pada tangan dibawah.” Bagaimana bisa memberi sesuatu kepada orang lain kalau kita sendiri serba kekurangan.“***

 
Berita Terbaru >>
Setiap Kamis Disketapang Akan Gelar PPM
Istri Gubernur Riau dan Dua Ajudan Terpapar Covid
Jenis Jenis Zakat Mal
UIR Gelar Pembinaan Mutu Akademik
Nasrul Terima Bantuan Biaya Hidup Rumah Yatim
Jangan Perlahan untuk Menunaikan Zakat
Sekdaprov Riau Apresiasi Bazar UMKM di Kantor Penghubung Jakarta
Beri Motivasi Kafila Riau, Wagubri Kunjungi Arena MTQ Nasional di Sumbar
Gubri: Riau Hijau, Wujud Pembangunan Berwawasan Lingkungan
Gubri: Tinggal Satu Zona Merah Covid -19 di Riau, Tetap Waspada
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com