Jum'at, 18 Juni 2021
Follow:
Home
4 Sayuran Ampu Penurun Kolesterol
Sabtu, 04/01/2020 - 07:57:11 WIB
  Ilustrasi  
Klikriau.Com- Bagi Anda yang memiliki kolesterol tinggi, dianjurkan mengatur menu khusus untuk santapan sehari-hari. Anda bisa mengonsumsi beragam jenis sayuran penurun kolesterol sebagai pilihan dalam mengurangi kadar kolesterol.

Pada dasarnya, tiap manusia membutuhkan kolesterol. Kolesterol adalah lemak esensial yang bertugas membantu fungsi tubuh agar bekerja dengan baik. Namun, kolesterol tinggi berisiko memberikan dampak buruk bagi kesehatan. Kondisi ini bila dibiarkan, bisa memicu penyakit yang berbahaya, seperti serangan jantung dan stroke.

Jika total kolesterol Anda sudah telanjur tinggi, Anda dapat berupaya untuk menurunkannya dengan mengonsumsi beragam sayuran penurun kolesterol. Berikut adalah 4 sayur yang ampuh menurunkan kolesterol seperti dilansir Alodokter pada 14 September 2019.

1. Tomat
Selain dikenal membantu melawan kanker, tomat juga dipercaya dapat membantu menurunkan kolesterol. Hal itu beralasan karena tomat mengandung likopen, yaitu antioksidan yang memberi warna merah pada tomat. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa mengonsumsi likopen tiap hari sebanyak 25 miligram dapat membantu menurunkan low-density lipoprotein cholesterol (LDL) atau dikenal sebagai kolesterol jahat sebanyak 10 persen.

2. Bayam
Hampir semua sayuran memang dapat membantu menurunkan kolesterol, akan tetapi jenis sayuran hijau gelap, seperti bayam, dinilai paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Tidak hanya itu, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal itu dikarenakan kandungan lutein dan karotenoid dalam bayam yang menjadi peran penting dalam menyingkirkan radikal bebas berbahaya dalam tubuh.

3. Bawang putih
Bawang putih telah lama digunakan sebagai bahan masakan dan obat-obatan yang membantu menjaga kesehatan tubuh. Sebuah studi mengemukakan bahwa mengonsumsi bawang putih dapat menurunkan kolesterol jahat, akan tetapi masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut perihal ini.

4. Terong
Salah satu manfaat terong yaitu membantu menurunkan kolesterol jahat. Tidak hanya itu, mengonsumsi sayur yang dapat ditemukan dengan mudah ini juga bermanfaat meningkatkan fungsi jantung serta menurunkan gula darah.

Sebenarnya selain sayuran, ada juga beragam makanan lainnya yang bisa membantu menurunkan kolesterol, di antaranya seperti gandum, kacang-kacangan, buah apel, anggur, strawberi, serta ikan.

Anda mengombinasikan jenis makanan di atas dengan sayuran penurun kolesterol agar mendapat nutrisi yang beragam untuk kesehatan tubuh. Selain itu, jangan lupa juga untuk menerapkan gaya hidup sehat sebagai salah satu cara dalam membantu menurunkan kolesterol serta terhindar dari penyakit. Bila perlu, konsultasikan lebih lanjut pada dokter untuk mendapatkan rekomendasi pola makan yang tepat.

Sumber: Tempo

 
Berita Terbaru >>
Menuju KLA Utama, Wawako Pekanbaru Ikuti Verifikasi Lapangan Hybrid
FH UIR dan DPD RI Bahas Pokok-pokok Haluan Negara dan Amandemen Terbatas UUD 1945
Gubernur Sumut Bersembang ke Rumah Quran Milik UAS
Kemhan RI Siap Dukung Food Estate di Riau
Gelar Donor Darah, PMI Tenayan Raya Kulim Kumpulkan 115 Kantong Darah
125 Warga Divaksin di Bus Vaksinasi Keliling Kel Rejosari Tenayan Raya
Tiga Atlet Dan Dua Pengurus NPC Riau Ikuti Wisata Vaksin
Pemkab Bengkalis Bersama Kantor Karantina Pertanian Pekanbaru Galakkan Tanam Talas
UPZ UIR Salurkan Bantuan Pendidikan untuk 41 Mahasiswa
Elektabilitas AHY dan Demokrat Naik Urutan Kedua
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com