Kamis, 21 Oktober 2021
Follow:
Home
Pjs Bupati Siak dan Forkopimda Ikuti Upacara Hari Pahlawan ke-75
Selasa, 10/11/2020 - 23:55:45 WIB
 
 
SIAK - Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman bersama unsur Forkopimda melaksanakan upacara bendera peringatan hari pahlawan 10 November tingkat Kabupaten Siak tahun 2020, di Halaman Makam Pahlawan Nasional Sultan Syarif Kasim II, Selasa (10/11/2020).

Mengingat situasi pandemi Covid-19 masih mengkhawatirkan, upacara kali ini dilaksanakan secara khidmad dan sederhana dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat. Juga diberlakukan pembatasan peserta upacara yang hanya terdiri dari 10 orang anggota TNI/Polri, ASN, serta turut hadir Legiun Veteran, Pepabri, Warakawuri, dan pejuang angkatan 45 Kabupaten Siak.

Indra Agus Lukman saat membacakan Pidato Menteri Sosial RI dalam amanatnya mengatakan, peringatan hari pahlawan sejatinya dilaksanakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah gugur mempertahankan kedaulatan bangsa.

"Hari pahlawan kiranya tidak hanya sekedar diingat setiap 10 November, namun lebih dari itu ialah untuk mengenang perjuangan dan pengorbanan para pahlawan kusuma bangsa yang telah mempertaruhkan jiwa dan raga untuk kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia, terutama pada pertempuran akbar 75 tahun silam atau dikenal dengan pertempuran Surabaya," ujar Indra.

Tema Hari Pahlawan tahun 2020 kali ini ialah 'Pahlawanku Sepanjang Masa'. Makna dari tema ini bagi kita seluruh elemen bangsa yakni untuk terus menerus mengenang jasa-jasa para pahlawan, sebagai inspirasi dan motivasi kita semua untuk meneruskan perjuangan terutama dalam melawan kemiskinan, bencana alam, narkoba, paham radikal, termasuk berjuang melawan pandemi covid-19.

Lebih lanjut Indra mengatakan, nilai-nilai kepahlawanan teramat penting untuk terus di pupuk dan diamalkan segenap masyarakat.

"Dalam menghadapi tantangan bangsa,sangat penting untuk terus memupuk dan mengamalkan nilai-nilai kepahlawanan yaitu percaya kepada Tuhan Yang Maha Esa,rela berkorban, pantang menyerah, suka membantu, dan bergotong-royong," sebutnya.

Kadis ESDM Provinsi Riau itu selanjutnya mengajak masyarakat Kabupaten Siak, untuk dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini.

"Mari tunjukkan kontribusi kita kepada bangsa dan negara dengan menjadi pahlawan masa kini yang memiliki empati untuk menolong sesama, saling menghargai dan menghormati satu sama lain," ajaknya.

Di akhir amanatnya, Indra Agus Lukman menyampaikan makna lebih dari peringatan hari pahlawan yakni untuk mengisi kemerdekaan dengan membangun negeri.

"Kita lanjutkan perjuangan para pahlawan dengan bersatu, bergotong royong membangun negeri. Selamat Hari Pahlawan tahun 2020, semoga Tuhan Yang Maha Kuasa senantiasa memberikan bimbingan dan kekuatanNYA kepada bangsa Indonesia," pungkasnya.

Usai pelaksanaan Upacara, Pjs.Bupati Siak bersama Unsur Forkopimda kemudian berziarah dan do'a bersama di makam pahlawan nasional Sultan Syarif Kasim II.

Giat ini juga dihadiri oleh Ketua DPRD Kabupaten Siak Azmi, Sektetaris Daerah Kabupaten Siak Arfan Usman, Kajari Siak Zondri, Ketua Pengadilan Agama Kabupaten Siak Yengkie Hirawan, Ketua Pengadilan Negeri Siak Rozza El Afrina, Kapolres Siak Doddy F Sanjaya, Danramil Siak Mayor Suratno,serta para Asisten, Staf Ahli, dan Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kabupaten Siak, dan para Alim Ulama,Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama, dan Ketua Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Siak.

Setelah selesai melaksanakan upacara peringatan Hari Pahlawan ke-75 tahun 2020, Pjs Bupati Siak Indra Agus Lukman lanjut menyerahkan zakat tahap IV tahun 2020 untuk masyarakat di Kecamatan Bungaraya, yang dilaksanakan di Mesjid Jami', Kampung kemuning Muda.

Dalam kesempatan ini, Indra Agus Lukman mengatakan, dengan adanya zakat ini bisa membantu masyarakat yang sangat membutuhkan.

"Fungsi dan peran zakat ini sangat dirasakan oleh masyarakat di sekeliling kita yang sangat membutuhkan, ditambah dengan adanya pandemi Covid-19," kata Indra sembari berharap, masyarakat yang telah sampai nisabnya untuk membayar zakat agar membayar zakat ke badan Amil Zakat, baik di Kecamatan maupun di Kampung.

"Semoga pengumpulan zakat di Kecamatan Bungaraya, setiap tahunnya bertambah," harap Pjs Bupati Siak tersebut.

Ketua Baznas Kabupaten Siak yang diwakili Wakil Ketua I Ustadz Samparis menyampaikan, untuk Kecamatan Bungaraya, zakat yang akan disalurkan berjumlah Rp114.000.000,00. Yang akan diberikan kepada 190 orang setiap Mustahik.

"Nantinya setiap masyarakat akan mendapatkan uang tunai Rp300 ribu, Beras 10 kg, Minyak 5 liter, Gula 5 kg dan 1 kotak mie instan" jelasnya.***/adv

 
Berita Terbaru >>
UIR Kuasai Dua Nomor di Kompetisi EA V LLDIKTI X
Hendi Harapkan Media Digital Jadi Pencerah Masyarakat
JMSI Bengkulu Akhiri Verfak Organisasi Perusahan Pers Dari Dewan Pers
Mahasiswa FEB UIR Sumbang Emas di Cabor Anggar
Abu Bakar: Jikok Lupo Tolong Ingekkan!
Dalam Dua Pekan, Wako Targetkan Pekanbaru Masuk Level I
Gubernur Gorontalo Buka UKW Gratis Fasilitasi Dewan Pers di Gorontalo
Aklamasi, Rizaldi Putra Nakhodai LAMR Kota Pekanbaru
JMSI Kalsel Sukses Persembahkan Verfak oleh Dewan Pers
Teken MoU dengan Pemkab Inhil, JMSI Komitmen Bantu Ekspos Pembangunan dan Potensi Desa
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com