Jum'at, 24 09 2021
Follow:
Home
Sekdakab Siak Berharap Jumlah Muzaki Terus Bertambah
Senin, 16/11/2020 - 17:55:32 WIB
 
 
SIAK - Setelah menyerahkan zakat tahap IV untuk tahun 2020 di Kecamatan Dayun, Baznas Kabupaten Siak kembali melanjutkan penyerahan zakat tepatnya di Mesjid Al-Ilham, Kampung Sekemang, Kecamatan Koto Gasib, Senin (16/11/2020) siang.

Dalam arahannya, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Siak Arfan Usman mengucapkan alhamdulillah sampai saat ini pengumpulan zakat di Kabupaten Siak semakin meningkat. Ini berkat program dari Baznas Kabupaten Siak yang bekersama dengan Pemerintah Kabupaten Siak untuk mengurangi angka kemiskinan dan membantu masyarakat yang membutuhkan.

"Dari beberapa Baznas Kabupaten/Kota se-Provinsi Riau, dan Baznas Siak masih menjadi yang terbaik. Tidak heran Baznas Kabupaten Siak menjadi tempat studi banding bagi Baznas Kabupaten/Kota lainnya baik yang ada di Provinsi Riau maupun diluar Provinsi Riau," ujar Arfan.

Untuk meningkatkan pengumpulan zakat, sambung Arfan, Pemerintah Kabupaten Siak sendiri membuat kebijakan memotong sekian persen dari gaji (kategori tertentu) dan tunjangan profesi para ASN yang bekerja dilingkup Pemda Siak.

"Memang pada awalnya, ketika kebijakan ini baru dilaksanakan, banyak yang tidak trima, akan tetapi karena Pemerintah Kabupaten Siak komit terhadap kebijakan tersebut, akhirnya banyak ASN yang menerima dan mendukung program tersebut" kata Arfan sembari berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Siak yang telah memenuhi nisab untuk berzakat, agar mengeluarkan zakat sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

"Saya berharap semoga kedepannya semakin banyak muzaki yang mengeluarkan zakat, karena berzakat tidak akan membuat kita miskin. Zakat adalah salah satu cara untuk membersihkan harta kita dan mengeluarkan sebagian hak orang yang ada didalam harta kita," harap Sekda Siak tersebut.

Dalam sambutannya, Ketua Baznas Kabupaten Siak Rasyid Suharto mengucapkan trimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Siak, yang telah mendukung penuh Program Baznas Siak.

"Kebangkitan Baznas Kabupaten Siak dalam mengumpulkan zakat, karena dukungan dari Pemerintah Kabupaten Siak untuk membantu meringankan beban masyarakat yang membutuhkan melalui program yang telah dibuat," jelas Rasyid.

Sampai saat ini, Baznas Kabupaten Siak tidak henti-hentinya untuk terus  mensosialisasikan zakat kepada masyarakat, baik itu yang di lakukan oleh Upz maupun pihak Baznas Kabupaten, hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan pengumpulan zakat di Kabupaten Siak.

"Untuk saat ini sampai akhir bulan Oktober 2020, kita telah mengumpulkan zakat murni sebanyak Rp14,7 miliar, ditambah saldo dana infak dan sedekah secara total hampir Rp21 miliar," ucapnya.

Untuk penyaluran zakat pada tahun ini terhitung 1 januari 2020 hingga pertengahan September 2020 ini sudah mencapai Rp14,4 miliar. Dan insyaallah  kita akan meyalurkan yang sisanya sampai Desember 2020.

"Pihak Baznas mengucapkan terimakasih dan mendoakan kepada para Muzaki yang telah menunaikan zakatnya ke Baznas, agar selalu di berikan kesehatan dan kekuatan, diberikan harta yang berlimpah dan mendapat keberkahan dari Allah Swt," ujar Rasyid.

Untuk di Kecamatan Koto Gasib, Penyaluran Zakat akan diserahkan kepada 97 orang mustahik, dengan rincian setiap orang akan mendapatkan uang tunai 400.000, mie instan 1 karton, beras 10 Kg, minyak goreng 5L dan gula 2Kg.***/adv

 
Berita Terbaru >>
Rekomendasi 5 Mesin Cuci Terbaik Murah 1 Jutaan Rupiah
Pelabuhan Dumai, Menyeruak di Keheningan
Jaksa Prima Jelaskan Peran JPN dalam Penyelamatan Aset Negara
Didukung Dispar Riau, Forwata Bakal Lakukan Vaksin di Tempat Wisata
PT Timah Tbk, Bantu Atlet Babel Menuju PON XX Papua
Wako Pekanbaru Diminta Batalkan Kegiatan Penanaman Tanaman Porang di Rumbai Barat
Tim Davis Indonesia Mengharumkan Nama Bangsa dan Diharapkan Membuat Kejutan
IKA UNPAD, Targetkan Vaksinasi 20 Ribu Disabilitas
Bertemu Menpora Amali, Ketum PELTI Laporkan Persiapan Tim Indonesia Ikut Davis Cup 2021
Kisruh di Balik Kenaikan Tarif Bandara Soekarno - Hatta Masih Diselidiki
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2017 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com