Kamis, 06 Oktober 2022
Follow:
Home
Pohon Arabica Berumur 25 Tahun Ikut Kontes Bonsai Nasional di Medan
Rabu, 23/Februari/2022 - 19:08:55 WIB
 
 
TERKAIT:
   
 

PEKANBARU,KLIKRIAU.COM - Arabica adalah jenis pohon yang dikenal di Indonesia dengan nama lain Klampis Ireng, dan sebutan bahasa latinya Vachellia nilotica adalah tumbuhan dari Family Fabaceae dari Genus Vachellia yang tumbuh hingga mencapai ketinggian lebih dari 20 meter ini berhasil dikerdilkan oleh seorang polisi Polda Riau dengan umur Arabica nya sudah 25 tahun namun hanya memiliki ketinggian 110 cm.

Pohon Arabica milik Kompol Teddy Ardian SIK SH MH ini sudah sering tampil di ajang kontes bonsai, pohon kerdil Arabica berusia 25 tahun ini ketika masuk dalam ajang kontes akan meraih juara dan tropi.

"Pohon Arabica saya ini sudah 2 kali mendapat predikat Best Ten di kelas madya kontes nasional bonsai di lubuk Linggau dan di Palembang," kata perwira polisi Polda Riau yang mencintai lingkungan ini berbincang dengan wartawan, Rabu (23/2/2022) disela kesibukannya bertugas sebagai polisi yang bertugas di Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus)

Pohon Arabica milik Kompol Teddy atau Klampis Ireng ini, adalah tanaman yang tumbuh di daerah dataran rendah subtropis. Pohon Arabica ini juga tumbuh di tropis dan pada ketinggian sampai dengan 1.300 meter. Tumbuh subur di daerah dengan curah hujan tahunan di kisaran 400 - 2.300mm. Tanaman ini dilaporkan untuk mentolerir suhu rata-rata tahunan di kisaran 19 - 28 ° c, meskipun dapat tumbuh pada kondisi suhu yang ekstrim, namun pohon Arabica ini tidak mentolerir embun beku saat muda.

"Ketika saya dekat dengan pohon Bonsai, saya merasa ada efek positif terhadap psikologis saya, yang memungkinkannu merasakan lebih rileks secara mental dan saya merasa gembira ketika melihat bonsai saya," ujar Kompol Teddy.

Dikatakannya, pohon Arabica miliknya itu akan diberangkatkan ke Medan untuk mengikuti kontes bonsai tingkat nasional dalam kelas Prospek, Pratama dan Madya yang digelar oleh "Medan Bonsai Reborn" sejak 20 Februari sampai dengan Maret 2022 mendatang. "Pohon Arabica saya ini akan ikut kontes Madya dikontes bonsai nasional," ujarnya.

Seiring dengan hobi memelihara bonsai yang dilakukan Kompol Teddy, dijelaskannya memelihara bonsai juga menghilangkan stres dalam memenuhi tuntutan profesional kerja sebagai polisi.

"Bonsai juga bisa membantu kita untuk lebih bersikap sabar," jelasnya seraya mengungkapkan kalau merawat bonsai sama dengan menjaga hal-hal positif dan membangkitkan semangat positif dalam hidup.(rls)

 
Berita Terbaru >>
November 2022, Seleksi PPPK Pemko Pekanbaru Dibuka
Buntut Tragedi Kanuruhan, 10 Anggota Polri Dicopot
Audiensi Bersama Bawaslu Sulut, PJS Komitmen Saling Dukung dalam Pengawasan Pemilu
PIN ATM Nasabah Tak Berfungsi, Bank Sulutgo Pohuwato Bermasalah
Anies Baswedan Terima Pinangan Partai Nasdem Jadi Capres 2024
Usai Munas November 2022 Mendatang, PJS Targetkan jadi Konstituen Dewan Pers
Obstruction of Press Freedom
Gubri Kukuhkan Dandrem 031 WB dan Istri Jadi Bapak dan Bunda Asuh Anak Stunting
Jokowi : Tahun Depan akan Gelap, Ada Badai Besar!
Terpapar Gula Terlalu Dini, Resiko Penyakit Tinggi Pada Anak
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com