Minggu, 03 Maret 2024
Follow:
Home
Gubri Teken Rencana Kerja Kuota Bantuan Iuran Kesehatan 2024
Senin, 18/Desember/2023 - 13:45:15 WIB
  Gubri Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menandatangani rencana kerja kuota budget sharing Penerima Bantuan Iuran (PBI) pemerintah daerah tahun 2024.  
TERKAIT:
   
 
KLIKRIAU.COM (PEKANBARU)- Gubernur Riau (Gubri) Brigjen TNI (Purn) Edy Natar Nasution menandatangani rencana kerja kuota budget sharing penerima bantuan iuran (PBI) pemerintah daerah tahun 2024. Penandatanganan ini bertujuan memberikan jaminan kesehatan nasional yang setara bagi masyarakat.

Menurut Gubri Edy Natar, Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah perlindungan sosial di bidang kesehatan untuk memastikan pemenuhan kebutuhan dasar kesehatan yang layak dengan penerapan sistem kendali biaya dan kendali mutu. Ini dilakukan berdasarkan prinsip ekuitas (persamaan) bagi seluruh penduduk di wilayah Republik Indonesia.

"Tujuan utama Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) adalah agar masyarakat dapat memperoleh pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa menemui hambatan finansial yang berarti," ujar Gubri di Gedung Pauh Janggi, Pekanbaru, Senin (18/12/23).

Berdasarkan data BPJS Kesehatan per 1 Desember 2023, total jumlah penduduk pada semester dua tahun 2022 sebesar 6.743.099 jiwa. Riau memiliki persentase kepesertaan jaminan kesehatan nasional sebesar 96,38 persen.

"Gubernur menjelaskan bahwa sudah ada 6.499.166 jiwa yang memiliki jaminan kesehatan. Namun, masih terdapat sekitar 243.933 jiwa penduduk di Provinsi Riau yang belum memiliki jaminan kesehatan," ungkapnya.

Edy menyatakan bahwa persentase kepesertaan JKN di Provinsi Riau sudah meningkat, menunjukkan komitmen Pemerintah Provinsi Riau dan Pemerintah Kabupaten/Kota dalam melaksanakan Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan dan INPRES Nomor 01 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional.

"Kita bersama-sama komitmen, karena peraturan itu menegaskan bahwa setiap orang mempunyai hak yang sama, dalam memperoleh akses dan sumber daya di bidang kesehatan, serta memperoleh pelayanan kesehatan yang aman, bermutu, dan terjangkau," tambahnya.

Penandatanganan ini melibatkan Pemprov Riau, Pemerintah Kabupaten/Kota, dan Direksi BPJS Kesehatan Wilayah Sumbagteng Jambi Eddy Sulistijanto Hadie.(*)

 
Berita Terbaru >>
Dirjen HAM Kemenkumhan Sambut Baik Revitalisasi KUA sebagai Sentra Pelayanan Keagamaan
LBH Boxer Group Beri Bantuan Hukum bagi Narapidana
UMRI Resmi Launching Sekolah Pascasarjana Prodi Magister Manajemen dan Kewirausahaan
Piala Kemenpora RI, Kejuaraan Taekwondo Andalan Indonesia Diikuti 2.220 Peserta
Kapolri Tekankan Persatuan-Kesatuan Modal Utama Wujudkan Indonesia Emas 2045 di Rapim Polri
Kasus Penganiayaan Wartawan, Kapolres Labuhanbatu Akhirnya Minta Maaf
Lagi! Kades di Kabupaten Parimo Ditetapkan Tersangka Tindak Pidana Pemilu 2024
Harga Cabai dan Ayam Potong di Pekanbaru Diharapkan Turun di Awal Ramadan
Firli Bahuri Kembali Mangkir dari Panggilan Penyidik
Kapolres Banggai Resmikan Rumah Imam dan Marbot Masjid Ar-Rahman
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com