Jumat, 24 Mei 2024
Follow:
Home
Alek Kurniawan Resmi Sandang Gelar Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN
Rabu, 24/April/2024 - 13:15:22 WIB
  Alek Kurniawan resmi menyandang gelar Doktor (S-3) dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri. (ist)
 
TERKAIT:
   
 

KLIKRIAU (PEKANBARU) – Kepala Badan Pendapatan Daerah (Kabapenda) Kota Pekanbaru Alek Kurniawan resmi menyandang gelar Doktor (S-3) dari Institut Pemerintahan Dalam Negeri. 

Gelar akademis ini diraih Akur, sebutan karib Alek Kurniawan setelah berhasil mempertahankan Disertasinya yang berjudul “Regional Tax Management Optimization Model to Realize Regional Financial Independence  In Pekanbaru City, Riau Province” / "Model Optimalisasi Pengelolaan Pajak Daerah untuk Mewujudkan Kemandirian Keuangan Daerah di Kota Pekanbaru Provinsi Riau" dalam Sidang Terbuka Promosi Doktor Ilmu Pemerintahan IPDN Jakarta.

Pengukuhan gelar Doktor Akur yang juga merupakan Ketua IKA SKMA Provinsi Riau ini digelar di Ruang Sidang Program Studi Pasca Sarjana Doktoral IPDN  Gedung IPDN Jakarta, Jl. Ampera Raya Cilandak Jakarta Selatan,Rabu (24/04/2024).

Fenomena yang dijadikan obyek penelitian dalam disertasinya tersebut adalah Kemandirian Keuangan Daerah Kota Pekanbaru yang didasarkan pada besarnya Pendapatan Asli Daerah (PAD) secara khusus penerimaan pajak daerah, karena pajak daerah telah menjadi penyuplai terbesar bagi PAD di Kota Pekanbaru.

Menurut Akur, konsekuensi dari keputusan politik desentralisasi atau politik otonomi daerah yang diambil Pemerintah Pusat, sesungguhnya kesempatan yang sangat baik bagi Pemerintah Daerah termasuk kota Pekanbaru untuk membuktikan kemampuannya dalam melaksanakan kewenangan pendapatan yang menjadi hak daerah terlebih dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 1 tahun 2022 tentang Hubungan Keuangan antara Pemerintah Pusat dan Pemerintahan Daerah.

Akur menuturkan, penelitian yang dibuatnya tersebut telah menemukan kebaruan atau novelty yang dilabelinya dengan nama: “Model 4 Pilar Optimalisasi Pengelolaan Pajak Daerah”.
.
“Proses pemodelan dalam optimalisasi pendapatan pajak daerah dalam mewujudkan kemandirian keuangan daerah di Kota Pekanbaru kami sebut dengan Empat Pilar Optimalisasi Pengelolaan Pajak Daerah,” tutur Akur

Model 4 Pilar ala Disertasi Akur tersebut didasarkan kepada Intensifikasi dan Ekstensifikasi, Kelembagaan dan Sistem Informasi. Untuk mewujudkan kemandirian keuangan daerah Kota Pekanbaru, ke tiga  pondasi tersebut ditindaklanjuti dengan 4 (empat) pilar optimalisasi pengelolaan pajak daerah, yang terdiri dari:  Pilar ke-1: Perluasan basis penerimaan yang meliputi: perbaikan basis data pajak  daerah dan perbaikan penilaian pajak daerah. Pilar ke-2: Penguatan proses pemungutan pajak yang dilakukan melalui:  penyusunan berbagai kebijakan tentang pajak daerah dan penguatan sumber  daya aparatur perpajakan. Pilar ke-3: Peningkatan pengawasan dan kepasitas penerimaan pajak daerah yang  dilakukan melalui: perbaikan pengawasan, penerapan sanksi, termasuk  kerjasama dan koordinasi dengan instansi terkait, dan    Pilar ke-4: Efisiensi biaya administrasi dan menekan biaya pemungutan pajak  daerah.

Bertindak selaku Komisi Promotor dalam penyusunan disertasi tersebut adalah Prof. Dr. Drs. Bahrullah Akbar, SE, MBA, CIPM, CSFA, CPA yang juga merupakan Guru Besar Keuangan Publik IPDN yang termutakhir juga merupakan Anggota Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia /BPK-RI ( Periode 2011-2017 dan Periode 2019-2021); serta Wakil Ketua BPK-RI (Periode 2017-2019) selaku promotor, Dr. Marja Sinurat, M.Pd, MM selaku co-promotor 1 dan DR. Meltarini, M.Si selaku co-promotor 2.  Sidang Promosi Doktor ini dipertahankan dihadapan tim oponen ahli yang terdiri dari Dr. Drs. Rizari, MBA, M.Si (Ketua Sidang/ Wakil Rektor IPDN Bidang Administrasi), Prof. Dr. Muh. Ilham, M.Si. (Direktur Sekolah Pascasarjana IPDN), Prof. Dr. Dadang Suwanda, MM, Ak. CA, Prof. Dr. Mahlia Muis, SE, ME (Guru Besar Fakultas Ekonomi Universitas Hasanuddin Makasar) dan Dr. Ani Martini, S.STP, M.Si

Atas hal tersebut lengkaplah nama Kepala Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru ini menjadi “Dr. Alek Kurniawan, SP, M.Si”.
 
Yuk lihat Riwayat Singkat dari Dr. Alek Kurniawan, SP, M.Si:

TTL         : Pekanbaru, 20 November 1977
Ortu        : Drs. H. SUPRAPTO (Ayah) dan Hj. ROSMAWATY (Ibu)
Isteri       : Nino Desriyanti
Anak:
1.    Annatasya Putri Kurniawan, S.Tr. Ip
2.    M. Haekal Yudhayana
3.    Kirani Putri Kurniawan

Riwayat Pendidikan

SD Negeri 025 Harjosari, Pekanbaru (1990)
SMP Negeri 17 Pekanbaru (1993)
SKMA Pekanbaru (1996)
Ilmu Sosial Ekonomi Pertanian Universitas Batanghari (2005)
Ilmu Administrasi Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia  Universitas Riau (2011)
Ilmu Pemerintahan IPDN Jakarta (2024)

Riwayat Pekerjaan

PNS Dephut Propinsi Jambi dpk Dinhut Dati I Jambi (1997)
Ajudan Wako Pekanbaru (2007)
Kasubag Protokol pada Bagian Humas Setda Kota Pekanbaru (2011)
Kasubag Tata Usa pada Bagian Umum Setda Kota Pekanbaru (2012)
Kepala Bidang Anggaran pada BPKAD Kota Pekanbaru (2014)
Kepala Bagian Humas pada Setda Kota Pekanbaru (2015)
Sekretaris Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kota Pekanbaru (2016)
Plt. Kepala BPKAD Kota Pekanbaru (2016)
Kepala Bagian Keuangan Setwan DPRD Kota Pekanbaru (2018)
Sekretaris DPRD Kota Pekanbaru (2019)
Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Pekanbaru (2020)
Kepala Badan Pendapatan Daerah kota Pekanbaru (2022 s.d sekarang)


“APA TANDA MELAYU BERBANGSA”
TEGAK BERMARWAH DUDUK BERTUAH
BUDAYA HIDUP HARUSLAH BERMARWAH
SUPAYA DIKENANG SEPANJANG SEJARAH (rls)

 
Berita Terbaru >>
Persiapan Kunjungan Presiden, Pekanbaru Fokus pada Kebersihan
Kerusuhan Antara Jukir dan Ojol, Tiga Tersangka Ditangkap
Akademisi UMY: "Revisi UU Penyiaran Membahayakan Kebebasan Pers"
Tidak Ada Jokowi dan Gibran dalam Rakernas PDIP, Ini Alasannya
Risnandar Mahiwa Resmi Dilantik Sebagai Pj Wako Pekanbaru
KPK Investigasi Korupsi PGN, Kerugian Capai Ratusan Miliar
Delapan Tahun Menyamar, Tersangka Kasus Vina, Tertangkap
Sabu Seberat 13 Kg Gagal Diselundupkan di Nunukan
PJS Tolak RUU Penyiaran Baru, Potensi Mengintai Kemerdekaan Pers
Partai Koalisi Mulai Bahas Formasi Kabinet Prabowo-Gibran
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com