Senin, 15 Juli 2024
Follow:
Home
Kanti W Janis : Kami Berharap Ketua KPU Baru harus Miliki Perspektif Gender
Ahad, 07/Juli/2024 - 07:45:21 WIB
  Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum Hasyim Asy'ari yang diberhentikan oleh DKPP RI karena kasus asusila. (ANT)
 
TERKAIT:
   
 
JAKARTA (KLIKRIAU.COM) - Ketua Presidium Kaukus Perempuan Politik Indonesia (KPPI), Kanti W. Janis, menekankan pentingnya sosok Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI yang memiliki perspektif gender. "Kami berharap setelah ini nanti yang dipilih adalah ketua KPU berikutnya yang memiliki perspektif gender," ujar Kanti saat dihubungi di Jakarta, Sabtu (6/7/24).

Pernyataan Kanti ini merespons putusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) RI yang menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, terkait dugaan kasus asusila. Kanti menyambut baik putusan tersebut, meskipun ia merasa putusan itu terlambat. "Saya sangat apresiasi, kami juga di KPPI apresiasi, tetapi kan memang sangat terlambat," katanya.

Kanti juga menilai bahwa putusan DKPP tersebut belum cukup untuk menjadi preseden dalam perlindungan perempuan dari kekerasan seksual di dunia politik Indonesia. "Belum, masih jauh ya, apalagi ini kan enggak ada sanksi pidananya cuma pemecatan saja," ucapnya. Menurut Kanti, sentimen masyarakat terhadap korban masih cenderung negatif dan belum menunjukkan keberpihakan. "Masih negatif banget gitu, jadi malah enggak menimbulkan simpati yang meluas terhadap korban. Jadi perlu diikuti dengan pendidikan publik juga," tuturnya.

Ia juga mengingatkan agar putusan DKPP yang memberhentikan Hasyim Asy'ari sebagai Ketua dan anggota KPU RI tidak melupakan putusan pelanggaran kode etik lainnya yang pernah dijatuhkan DKPP sebelumnya. "Jadi, kita jangan sampai melupakan kesalahan-kesalahan substansial lainnya," katanya.

Kanti berharap Presiden RI, Joko Widodo, segera mengeluarkan Keputusan Presiden (Keppres) untuk mengganti Hasyim dalam waktu tujuh hari sejak putusan dibacakan. "Semoga Pak Joko Widodo segera tanggap dan menerbitkan Keppres pemberhentiannya," ucapnya.

Sebelumnya, pada Rabu (3/7), DKPP RI menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada Ketua KPU RI, Hasyim Asy'ari, terkait dugaan kasus asusila. "Menjatuhkan sanksi pemberhentian tetap kepada teradu Hasyim Asy'ari selaku ketua merangkap anggota Komisi Pemilihan Umum RI terhitung putusan ini dibacakan," kata Ketua DKPP RI, Heddy Lugito, dalam sidang pembacaan putusan di Kantor DKPP RI, Jakarta.(*)

Sumber : Antaranews.com

 
Berita Terbaru >>
Pj Wako Pekanbaru Dorong Kinerja Damkar dan Sukseskan Pilkada 2024
Mahkamah Agung Umumkan 12 Calon Hakim Ad Hoc Tipikor 2024
Terkait Pembakaran Rumah Wartawan, Eks Ketua AMPI Tanah Karo, Ditahan
PBNU Telusuri Pertemuan Nahdliyin dengan Presiden Israel
Riau Bhayangkara Run 2024 Sukses Digelar, 10.000 Runner Ramaikan Pekanbaru
Kasus DBD di Riau Capai 860, Pekanbaru Tertinggi
SSB Garuda Junior Menangkan Piala Riau Junior League U18
Perayaan HUT TITD Giok Ong Tian Co Pekanbaru Dimeriahkan dengan Berbagai Kegiatan
Ini Pemenang Desain Logo HUT ke-67 Provinsi Riau, Simak Makna dan Filosofinya
Kapolda Riau Ultimatum Bandar Narkoba, Instruksikan Tembak di Tempat
 


Home

Redaksi | Pedoman Media Siber | Indeks Berita
© 2012-2022 PT Media Klik Riau, All rights reserved.
Comments & suggestions please email : redaksi.klikriau@gmail.com